Citra Kepemimpinan Ganjar Pranowo Dalam Media Sosial Tiktok (Postingan Januari – April 2023)

Candra, Ryan Dwi (2024) Citra Kepemimpinan Ganjar Pranowo Dalam Media Sosial Tiktok (Postingan Januari – April 2023). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933515718_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933515718_bab1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
933515718_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933515718_bab3.pdf

Download (718kB)
[img] Text
933515718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933515718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933515718_bab6.pdf

Download (715kB)
[img] Text
933515718_daftarpustaka.pdf

Download (718kB)
[img] Text
933515718_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
933515718_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (212kB)

Abstract

CANDRA, RYAN DWI, 2024, Citra Kepemimpinan Ganjar Pranowo dalam Media Sosial Tiktok (Postingan Januari – April 2023), Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Dosen Pembimbing (1) Dr. Prima Ayu Rizqi Mahanani, M.Si dan (2) Dr. H. M Dimyati Huda, M.Ag. Kata Kunci : Komunikasi Politik, Media Sosial TikTok, Ganjar Pranowo, Semiotika John Fiske. Komunikasi politik memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk citra seorang pemimpin. Dalam hal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memanfaatkan platform media sosial TikTok sebagai sarana untuk menyampaikan pesan politik serta membangun citra kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana citra kepemimpinan Ganjar Pranowo dikonstruksi melalui video-video yang diunggah di akun TikTok-nya selama periode Januari hingga April 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika John Fiske yang melibatkan tiga level: realitas, representasi, dan ideologi dalam komunikasi citra politik. Data diperoleh melalui observasi virtual pada akun TikTok @ganjarpranowo dengan menganalisis 5 video terpilih. Data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka untuk mendukung informasi dan teori yang relevan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode, yaitu membandingkan data dari dua instrumen berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo membangun citra sebagai pemimpin yang merakyat, memiliki prinsip tegas terkait integritas dan anti-korupsi, serta menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan pluralisme. Melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, pakaian, dan interaksi dengan masyarakat dalam video TikTok-nya, Ganjar berhasil menciptakan citra seorang pemimpin yang inklusif, dekat dengan rakyat, dan berpegang pada nilai-nilai moral serta kebhinekaan. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana media sosial, terutama TikTok, digunakan oleh aktor politik untuk memperkuat citra dan memengaruhi pandangan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: RYAN DWI CANDRA
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:59
Last Modified: 11 Jun 2025 07:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item