Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas VIII Di MTS AL-AMIEN Kota Kediri

Nurfitiriah, Alfi Sholichatur Rohmah Nur (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas VIII Di MTS AL-AMIEN Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932801020_prabab.pdf

Download (12MB)
[img] Text
932801020_bab1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932801020_bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932801020_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
932801020_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
932801020_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
932801020_bab6.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932801020_daftarpustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populsi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Al-Amien Kota Kediri. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Treffinger dan kelas VIII A sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen tes hasil belajar yang berjumlah 15 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa skor ratarata kelas eksperimen sebesar 78,4063 dan nilai kontrol sebesar 70,3478. Sedngkan analisis inferensial ditemukan hasil nilai uji independent samples test t-test Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0.001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikansi dari hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajran Konvensional pada materi sistem gerak pada hewan dan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: ALFI SHOLICHATUR ROHMAH NURFITRIAH
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:06
Last Modified: 10 Jun 2025 07:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item View Item