Nurfitiriah, Alfi Sholichatur Rohmah Nur (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas VIII Di MTS AL-AMIEN Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932801020_prabab.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
932801020_bab1.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
932801020_bab2.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
932801020_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
932801020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text
932801020_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text
932801020_bab6.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
932801020_daftarpustaka.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populsi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Al-Amien Kota Kediri. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Treffinger dan kelas VIII A sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen tes hasil belajar yang berjumlah 15 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa skor ratarata kelas eksperimen sebesar 78,4063 dan nilai kontrol sebesar 70,3478. Sedngkan analisis inferensial ditemukan hasil nilai uji independent samples test t-test Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0.001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikansi dari hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajran Konvensional pada materi sistem gerak pada hewan dan tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | ALFI SHOLICHATUR ROHMAH NURFITRIAH |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |