Khoiriyah, Ainul (2025) PENGEMBANGAN BUGIBEVI (BUKU DIGITAL BERBASIS VISUAL) PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI MI BABUL HUDA CARANGWULUNG. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21206070_prabab.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
21206070_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
21206070_bab1.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
21206070_bab2.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
21206070_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
![]() |
Text
21206070_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21206070_bab5.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
21206070_daftarpustaka.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
21206070_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
AINUL KHOIRIYAH, Dosen Pembimbing Ratna Wahyu Wuandari, M.Pd dan Ayu Ridho Saraswati, M. Pd, Pengembangan BUGIBEVI Pada Materi Mengubah Bentuk Energi Untuk Meningkatkan Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MI Babul Huda Carangwulung, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2025. Kata Kunci : BUGIBEVI, Hasil Belajar IPAS, Kelas IV Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang disebut dengan BUGIBEVI pada mata pelajaran IPAS dengan materi mengubah bentuk energi. Pada media ini meliputi teks bacaan, cerita singkat, gambar yang lebih nyata, video, dan quiziz. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi di MI Babul Huda Carangwulung pada kelas IV. Dari hasil wawancara dengan guru IPAS kelas IV ditemukan beberapa masalah pada peserta didik, yang pertama yaitu kurangyan fokus dalam proses pembelajaran, dan ada beberpa peserta didik nilai masih dibawah KKTP. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (analisis), Desaign (desain), Devolepment (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik analisis data ini menggunakan jenis statistika deskriptif untuk pengolaan data angket dan menggunakan uji N-Gain untuk mengolah data dalam mengukur hasil belajar peserta didik. Melewati beberapa tahapan tersebut, maka dikembangkanya media BUGIBEVI sebagai pendukung dalam proses pembelajaran berlangsung. Media ini telah diuji coba dan direvisi berdasarkan masukan dari para ahli termasuk ahli media dan ahli materi. Validasi ahli media 1 mendapatkan presentase 92,5% dan ahli media 2 mendapatkan presentase 96,25%. Dari validasi materi 1 dan materi 2 mendapatkan presentase 78,5%. Hasil dari uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase 6,32% dan untuk uji coba kelompok besar mendapatkan 84%. Maka dapat disimpulakn bahwa media BUGIBEVI mempengaruhi hasil belajar IPAS Kelas IV di MI Babul Huda carangwulung. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini adalah berupa kegiatan pembelajaran dalam kelas. Dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji N-Gain. Maka hasil dari uji N-Gain yaitu 0,305 dapat dikatagorikan “sedang. Sedangkan uji T mendpatkan hasil nilai signifikansinya kurang dari 0,05 yaitu sig sebesar 0,000 artinya nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan setelah dan sesudah menggunakan media BUGIBEVI.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | AINUL KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:32 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |