Moelyono, Anastasia (2019) Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400216002 prabab.pdf Download (713kB) |
|
Text
92400216002 bab1.pdf Download (818kB) |
|
Text
92400216002 bab2.pdf Download (940kB) |
|
Text
92400216002 bab3.pdf Download (318kB) |
|
Text
92400216002 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text
92400216002 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
92400216002 bab6.pdf Download (583kB) |
|
Text
92400216002 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Realita profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pada saat ini masih beragam. Masalah yang berkaitan dengan kondisi guru antara lain adanya keberagaman kemampuan guru dalam proses pembelajaran dan penguasaan pengetahuan, guru belum mampu menunjukkan kinerja yang profesional dalam pembelajaran Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas adalah pelaksanaan bantuan kepada guru atau yang biasa disebut dengan istilah supervisi. Supervisi merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai seorang pemimpin pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai supervisi kunjungan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala Seklah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang mana tingkat kemampuan guru dalam pembelajaran masih sangat rendah. Adapun unsur-unsur yang disupervisi antara lain adalah: 1) supervisi pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi pada pelaksanaan pembelajaran, 3) supervisi pada evaluasi pembelajaran. Strategi kepala sekolah dalam perencanaan adalah dengan (1) Sharing dengan guru yang bersangkutan dengan melakukan monitoring sambil memberikan masukan; (2) memfasilitasi serta memberikan motivasi kepada guru. mengikuti kegiatan KKG (Keompok Kerja Guru) se-Kecamatan Loceret, workshop Kurikulum, dan kegiatan lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran adalah dengan memberikan masukkan setelah melaksanakan monitoring pelaksanaan monitoring pelaksanaan pembelajaran, memberikan kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan pengamatan saat pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan selalu meberikan bantuan dan masukkan secara langsung, diskusi dengan teman sejawat, mengikuti KKG dan IGTKI. Umpan balik dan tindak lanjut supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala Sekolah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret yakni: guru-guru berusaha memperbaiki kekurangan yang ada dengan menjalankan masukkan dari Kepala Sekolah, sharing dengan guru yang lebih senior, memperkaya pengetahuan dengan membaca buku-buku pembelajaran. Sedangkan tindak lanjut Kepala Sekolah adalah dengan memberikan masukkan dan pembinaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:37 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |