Pengembangan Media Pembelajaran Ipas “Fun Forces” Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN Cerme 2 Grogol Kediri

YUNITA, SITI ANZALNA NUR (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Ipas “Fun Forces” Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN Cerme 2 Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206087_prabab.pdf

Download (834kB)
[img] Text
21206087_bab1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
21206087_bab2.pdf

Download (464kB)
[img] Text
21206087_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
21206087_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206087_bab5.pdf

Download (299kB)
[img] Text
21206087_daftarpustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text
21206087_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21206087_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (203kB)

Abstract

Yunita, Siti Anzalna Nur, Pembimbing (1) Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd, dan (2) Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I, M.Pd., Pengembangan Media Pembelajaran IPAS “Fun Forces” Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN Cerme 2 Grogol Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2025. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Fun Forces, Literasi Sains Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa di kelas IV SDN Cerme 2 Grogol Kediri serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang umumnya masih didominasi metode ceramah dan penggunaan buku teks. Kurangnya inovasi media membuat siswa pasif, tidak antusias, dan kesulitan memahami materi IPAS, khususnya pada materi “Gaya di Sekitar Kita”. Maka dari itu untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti akan mengembangkan media pembelajaran IPAS digital berbasis website yang dinamakan “Fun Forces” untuk meningkatkan literasi sains siswa. Media ini dikembangkan melalui pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate), menggunakan platform Canva yang dipilih karena fleksibilitas dan daya tarik visualnya. Media yang dikembangkan mencakup elemen interaktif seperti materi bergambar, video, soal literasi berbasis bacaan, dan E-LKPD yang dirancang untuk membangun keterampilan berpikir kritis siswa serta mengembangkan kompetensi literasi sains sesuai dengan standar PISA. Dalam proses pengembangan, dilakukan uji validitas terhadap media oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor sebesar 93,3%, dan validasi oleh ahli materi mendapatkan skor sebesar 91,7%, yang keduanya masuk dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, media diuji cobakan kepada siswa kelas IV SDN Cerme 2 Grogol Kediri dengan melibatkan pemberian pretest dan posttest untuk mengetahui dampak penggunaan media terhadap peningkatan literasi sains. Bukan hanya itu, hasil uji Wilcoxon juga menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah penggunaan media “Fun Forces”. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Media “Fun Forces” memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan kontekstual, serta mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, memahami konsep ilmiah secara mendalam, dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, media ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi dan penguatan karakter melalui literasi sains.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI ANZALNA NUR YUNITA
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:03
Last Modified: 10 Jun 2025 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17477

Actions (login required)

View Item View Item