ANGGRAINI, NIKEN DWI (2024) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BNN KOTA KEDIRI DALAM GERAKAN KAMPANYE ANTI NARKOBA. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KEDIRI.
![]() |
Text
20103087_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20103087_bab1.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
20103087_bab2.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
20103087_bab3.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
20103087_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text
20103087_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
20103087_bab6.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
20103087_daftarpustaka.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
20103087_lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20103087_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas media sosial instagram BNN Kota kediri dalam gerakan kampanye anti narkoba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati sejauh mana efektivitas kampanye anti-narkoba BNN di Instagram dalam meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku terkait pengguna narkoba dan untuk mengetahui serta memahami seberapa efektif dari mengikuti akun BNN terhadap sikap dan perilaku pengguna Instagram terkait penggunaan narkoba. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana upaya yang dilakukan pemerintah melalui BNN, ada diseminasi informasi P4GN yaitu melalui tatap muka, media sosial, dan media luar seperti spanduk, baliho di kelurahan rt, rw, dll. Dalam penelitian ini peneliti menggunkan teori uses and gratification, yang dimana teori tersebut menjelaskan bahwa fokus utama dari teori ini bukan pada bagaimana sebuah media mengubah perilaku dan sikap audiens itu sendiri, bisa juga dilihat seberapa berpengaruhnya sebuah media mengikuti kebutuhan pribadi dan sosial audiens dan sejauh mana media sosial dapat memenuhi kebutuhan audiens tersebut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa, penggunaan media sosial Instagram oleh BNN berperan penting dalam meningkatkan efektivitas kampanye anti narkoba. Melalui pemanfaatan konten visual yang kreatif dan interaktif, Instagram BNN mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba. Seperti yang sudah dijelaskan tentang efektivitas, efektivitas mengacu pada tingkat pencapaian hasil, yang sering kali dihubungkan dengan efisiensi meskipun keduanya berbeda. Alasan BNN Kota Kediri menggunakan Instagram sebagai media komunikasi utamanya adalah karena Instagram merupakan platform yang populer dan efektif dalam menjangkau masyarakat luas, khususnya generasi muda. Melalui Instagram, BNN dapat menyebarkan informasi terkait pencegahan narkoba dengan lebih interaktif dan visual, sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri menggunakan berbagai fitur Instagram, seperti feeds, reels, dan stories, untuk menyebarkan informasi mengenai pencegahan narkoba. Di antara fitur-fitur tersebut, reels dan stories paling banyak diminati oleh pengguna karena pendek, padat, dan menarik secara visual. Fitur-fitur ini dianggap efektif dalam menarik perhatian dan meningkatkan interaksi, sehingga pesan yang disampaikan oleh BNN lebih mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat, terutama oleh kalangan muda yang menjadi target utama kampanye pencegahan narkoba. KATA KUNCI : Efektivitas, Instragram, BNN
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | NIKEN DWI ANGGRAINI |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:25 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |