Sefia, Putri Ilma (2024) Pemanfaatan Instagram @alasveenuztrawas Sebagai Media Promosi Wisata Keluarga Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21103096_prabab.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
21103096_bab1.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
21103096_bab2.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
21103096_bab3.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
21103096_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21103096_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text
21103096_bab6.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
21103096_daftarpustaka.pdf Download (101kB) |
Abstract
PUTRI ILMA SEFIA, Dosen Pembimbing Lukman Hakim, S.I.Kom, M.Sos dan Dr. Asyhad Abdillah Rosyid M.Ag., Pemanfaatan Instagram @alasveenuztrawas Sebagai Media Promosi Wisata Keluarga Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024 Kata Kunci: Pemanfaatan Instagram, Promosi, Minat Pengunjung Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak signifikan pada sektor pariwisata, terutama dalam hal pemasaran dan promosi. Instagram sebagai salah satu platform media sosial, telah menjadi sarana penting dalam mempromosikan destinasi wisata, termasuk wisata keluarga. Alas Veenuz Trawas di Kabupaten Mojokerto merupakan wisata yang menggunakan Instagram sebagai media promosi untuk menarik pengunjung. Dengan memanfaatkan berbagai fitur Instagram dan melakukan manajemen media sosial Instagram, pengelola akun @alasveenuztrawas mampu menyajikan konten yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali proses pemanfaatan Instagram @alasveenuztrawas sebagai media promosi, serta untuk meneliti faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Instagram @alasveenuztrawas sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperoleh data dari Manajer Operasional Alas Veenuz Trawas, pengelola akun Instagram dan pengunjung Alas Veenuz Trawas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan pengelola dan pengunjung, serta dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori The Circular Model of Some dari Regina Luttrell yang menguraikan tentang manajemen media sosial dalam mencakup empat aspek yaitu, share, optimize, manage, dan engage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram telah dimanfaatkan secara efektif sebagai media promosi oleh Alas Veenuz Trawas. Proses pemanfaatan Instagram sebagai media promosi di Alas Veenuz Trawas dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan konten, produksi konten, distribusi konten, pemanfaatan fitur Instagram, serta evaluasi dan analisis konten. Keberhasilan ini didukung oleh faktor-faktor seperti konten yang informatif, kemudahan produksi konten, penggunaan insight untuk evaluasi performa, serta kolaborasi dengan influencer lokal. Namun demikian, beberapa hambatan seperti kendala teknis saat produksi dan keterbatasan waktu memerlukan solusi melalui perencanaan yang lebih terstruktur untuk menjaga konsistensi promosi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | PUTRI ILMA SEFIA |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:09 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |