Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Paham Radikalisme Beragama pada Siswa di MA Al-Amien Kota Kediri

Bachtiar, Nasich Farhan (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Paham Radikalisme Beragama pada Siswa di MA Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201120_prabab.pdf

Download (445kB)
[img] Text
20201120_bab1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
20201120_bab2.pdf

Download (452kB)
[img] Text
20201120_bab3.pdf

Download (183kB)
[img] Text
20201120_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
20201120_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
20201120_bab6.pdf

Download (264kB)
[img] Text
20201120_daftarpustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
20201120_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
20201120_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi (3).pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa di MA Al-Amien. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa di MA Al-Amien Kota Kediri? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa di MA Al-Amien Kota Kediri? 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa di MA Al-Amien Kota Kediri? 4) Bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa di MA Al-Amien Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di MA Al-Amien Kota Kediri. Sumber data primer yang digunakan berasal dari narasumber guru PAI dan siswa, sedangkan sumber data sekunder berasal dari foto, buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Teknik penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokmentasi. Sedangkan untuk analisis datanya meliputi reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru PAI sebagai pendidik dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa dengan penanaman karakter atau sikap-sikap yang baik (Akhaqul Karimah), pembiasaan sikap toleransi melalui kegiatan diskusi, penerapan pendidikan berparadigma rahmatan lil’alamin yang diterapakan pada pembiasaan 5S (Senum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). 2) Peran Guru PAI sebagai Pengajar dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa melalui pemberian pemahaman secara menyeluruh tentang radikalisme beragama serta bahayanya melalui pembelajaran materi bughat, menyiapkan perencanaan pembelajaran berupa modul ajar, melakukan pembelajaran dengan berpedoman pada modul ajar, melakukan evaluasi. 3) Peran Guru PAI sebagai Pembimbing dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa dengan melakukan kontrol mengenai buku bacaan, buku ajar, dan situs-situs yang diakses laboratorium komputer, pendampingan kegiatan PHBI, PHBN, dan keorganisasian, kerjasama antara guru PAI dengan pengurus pondok pesantren Al-Amien dalam pembimbingan. 4) Strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mencegah paham radikalisme beragama pada siswa melalui deradikalisasi dengan cara edukasi pada siswa mengenai radikalisme beragama, kegiatan keaswajaan yang terkandung pada keorganisasian IPNU dan IPPNU, dan pembentukan karakter siswa yang luhur dengan kegiatan Pramuka. Kata Kunci : Peran Guru, Radikalisme Beragama, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160803 Race and Ethnic Relations
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NASICH FARHAN BACHTIAR
Date Deposited: 28 May 2025 03:54
Last Modified: 28 May 2025 03:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item