PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA NGRECO”

Damayanti, Kristina (2025) PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA NGRECO”. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21206081_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206081_bab1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
21206081_bab2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
21206081_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
21206081_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
21206081_bab5.pdf

Download (121kB)
[img] Text
21206081_daftarpustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
21206081_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206081_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Kristina Damayanti, Dosen Pembimbing (1) Ibu Apriliyani Diah Kartikasari, M.Pd dan (2) Ibu Dr. Yulianti Yusal, M.Pd Pengembangan Flipbook Berbasis Discovery Learning Tumbuhan Sumber Kehidupan Di Bumi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Ngreco, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Flipbook Berbasis Discovery Learning, Pemahaman, Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam & Sosial (IPAS) adalah mata pelajaran yang mengintegrasikan konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Pada mata pelajaran IPAS terdapat muatan materi IPA semester 1 dan IPS pada semester 2. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk (1)Mengembangkan media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning tumbuhan sumber kehidupan di bumi untuk meningkatkan pemahaman siswa di MI Miftahul Huda Ngreco (2) Menguji kelayakan terhadap media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning tumbuhan sumber kehidupan di bumi untuk meningkatkan pemahaman siswa di MI Miftahul Huda Ngreco (3) Menguji keefektifan media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning tumbuhan sumber kehidupan di bumi untuk meningkatkan pemahaman siswa di MI Miftahul Huda Ngreco. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau R&D. Dengan model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media Flipbook berbasis Discovery Learning menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yang disertai dengan petunjuk penggunaan di dalam media untuk mempermudah siswa dan guru dalam penerapan media; (2) Kelayakan media dapat dilihat dari validasi media sebesar 96,66% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli pembelajaran sebesar 96% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi pretestposttest sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”; (3) Keefektifan media di lihat dari uji kelompok kecil dan kelompok besar. Rata-rata pretest kelompok kecil pretest dengan nilai 59 dan posttest 92 sedangkan pada pretest uji kelompok besar dengan nilai 68 dan posttest memiliki nilai 90,75. Selain itu, hasil uji wilcoxon kelompok kecil nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,039 yang lebih besar dari 0,005 dan hasil uji wilcoxon kelompok besar diketahui bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih besar dari 0,005 yang berarti adanya perbedaan yang signifikan pada pemahaman siswa sebelum dan setelah penggunaan media dan uji N-gain kelompok kecil mendapatkan hasil 0,8048 dan kelompok besar mendapatkan nilai 0,7168 yang dinyatakan kategori “tinggi” artinya media Flipbook berbasis Discovery Learning mampu meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KRISTINA DAMAYANTI
Date Deposited: 27 May 2025 03:48
Last Modified: 27 May 2025 03:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item