IZZATININGTYAS, NELY ALFINA (2025) Pengembangan Media Takos (Tas Materi Komik Sederhana) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206080_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206080_bab1.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
21206080_bab2.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
21206080_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
21206080_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206080_bab5.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
21206080_daftarpustaka.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
21206080_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206080_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (119kB) |
Abstract
Nely Alfina Izzatiningtyas. Dosen Pembimbing ibu Novi Rosita Rahmawati, M.Pd dan ibu Ayu Ridho Saraswati, M.Pd, Pengembangan Media TAKOS (Tas Materi Komik Sederhana) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Media TAKOS, Seni Rupa, Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Interaktif, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesdur pengembangan, mengevaluasi kelayakan dan mengukur efektivitas media pembelajaran TAKOS (Tas Materi Komik Sederhana) dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih pada mata pelajaran Seni Rupa. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kedisiplinan belajar peserta didik, yang ditunjukkan melalui kurangnya penyelesaian tugas tepat waktu dan minimnya partisipasi dalam pembelajaran. Media TAKOS dikembangkan sebagai inovasi pembelajaran berbasis visual dan praktik langsung guna menumbuhkan minat, kreativitas, dan sikap disiplin peserta didik. Penelitian ini merujuk pada teori Jerome Bruner yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif melalui eksplorasi langsung terhadap objek konkret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi dilakukan melalui ahli materi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik dalam skala kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media TAKOS sangat layak digunakan, dibuktikan dari skor validasi yang meningkat dari 62,22% menjadi 95,5% (kategori sangat layak). Media ini juga terbukti efektif berdasarkan hasil uji keefektifan dengan peningkatan skor sebesar 61,09% dan nilai N-Gain sebesar 0,7475 (kelompok kecil) dan 0,7780 (kelompok besar), yang keduanya termasuk dalam kategori tinggi. Penggunaan media TAKOS memberikan dampak positif terhadap peningkatan disiplin belajar siswa, seperti ketepatan waktu mengerjakan tugas, konsistensi dalam belajar, dan kepatuhan terhadap aturan kelas. Media ini juga memberikan ruang ekspresi dan pengalaman belajar bermakna sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Dengan demikian, penggunaan media TAKOS tidak hanya meningkatkan pemahaman terhadap materi seni rupa, tetapi juga membentuk sikap tanggung jawab dalam proses belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta dapat menjadi alternatif solusi dalam pembelajaran seni rupa di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NELY ALFINA IZZATININGTYAS |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:57 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |