Rosdiana, Syifa Eka (2025) Pengembangan Media Paste Board Open untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN Ngronggo 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206001_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206001_bab1.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
21206001_bab2.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text
21206001_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
21206001_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21206001_bab5.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
21206001_daftarpustaka.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
21206001_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Media Pembelajaran merupakan sarana pembelajaran yang berfungsi sebagai perantara penyampaian materi guna mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah minimnya sarana dalam pembelajaran, khususnya materi sistem pencernaan manusia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media Paste Board Open dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia, (2) mengetahui kelayakan media Paste Board Open dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia, (3) mengetahui keefektifan media Paste Board Open dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di SDN Ngronggo 3 Kota Kediri. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memuat lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN Ngronggo 3 Kota Kediri dengan subjek penelitian yaitu kelas V yang berjumlah 23 peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli media sebesar 82% dengan kategori “Sangat layak”. Validasi ahli materi sebesar 94% dengan kategori “Sangat layak” dan validasi soal pretest-post test sebesar 94% dengan kategori “Sangat layak”. Sedangkan hasil validasi ahli pembelajaran sebesar 92% dengan kategori “Sangat layak”. (2) Hasil angket respon peserta didik kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat layak”. Sedangkan uji coba kelompok besar sebesar 90% dengan kategori “Sangat layak”. (3) Hasil pretest dan post test kelompok kecil memperoleh persentase dari 30% menjadi 86%, sedangkan kelompok besar dari 36% menjadi 89%. Hasil uji normalitas sebesar 0,009 dengan kategori “tidak berdistribusi normal” sehingga menggunakan uji nonparametrik jenis Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon sebesar 0,000 dengan kesimpulan bahwa media Paste Board Open berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Skor N-gain sebesar 0,83 atau 83,46% yang berkategori “Efektif” dan mencapai peningkatan “Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | SYIFA EKA ROSDIANA |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:16 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |