Jannah, Ellena Syimatal (2025) Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada SMP Negeri 9 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205079_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21205079_bab1.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
21205079_bab2.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
21205079_bab3.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
21205079_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
![]() |
Text
21205079_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text
21205079_bab6.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
21205079_daftarpustaka.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
21205079_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21205079_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (188kB) |
Abstract
ELLENA SYIMATAL JANNAH, Dosen Pembimbing Dr. Addin Arsyadana M.Pd.I dan Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si, Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada SMP Negeri 9 Kediri. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, P5, Motivasi Belajar, Manajemen Kurikulum Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 9 Kediri. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perubahan kurikulum di Indonesia yang kini beralih kepada Kurikulum Merdeka yang lebih menekankan pada pembelajaran berbasis projek dan penguatan karakter melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kurikulum ini diyakini mampu memberikan ruang belajar yang lebih fleksibel, menyenangkan, serta mampu menggali potensi dan kreativitas peserta didik secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru-guru yang terlibat langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan secara kolaboratif melalui penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) serta pelaksanaan In House Training (IHT) untuk evaluasi internal. Pelaksanaan kurikulum melibatkan seluruh guru melalui komunitas belajar (Kombel) dan diintegrasikan dengan berbagai tema projek P5. Evaluasi dilakukan melalui pendekatan CIPP yang mencakup konteks, input, proses, dan produk.Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 9 Kediri menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, khususnya pada aspek keterlibatan aktif, rasa percaya diri, dan relevansi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka tidak hanya menjadi upaya transformasi pendidikan secara administratif, tetapi juga mendorong perubahan budaya belajar yang lebih partisipatif dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ELLENA SYIMATAL JANNAH |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:05 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |