Widodo, Tamariska Siwi Aulia Kurnia (2024) Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Calon Anggota Terhadap Produk Pembiayaan Musyarakah Di BMT Beringharjo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20402093_prabab.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
20402093_bab1.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
20402093_bab2.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
20402093_bab3.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
20402093_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text
20402093_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text
20402093_bab6.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
20402093_daftar pustaka.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
20402093_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20402093_pernyataan upload karya ilmiah.pdf Download (110kB) |
Abstract
TAMARISKA SIWI AULIA KURNIA WIDODO, Dosen Pembimbing Achmad Munif, SE.MM. dan M. Soleh Mauludin, SE, MSI. Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Anggota Terhadap Produk Pembiayaan Musyarakah Di BMT Beringharjo Kediri, Skripsi, Progam Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Anggota, Pembiayaan Musyarakah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di BMT Beringharjo Kediri dan mengetahui strategi pemasaran untuk menarik minat calon anggota terhadap produk pembiayaan musyarakah di BMT Beringharjo Kediri. Penelitian ini juga berusaha untuk memahami sejauh mana pembiayaan murabahah dapat meningkatkan minat calon anggota koperasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pegawai dan anggota BMT Beringharjo Kediri yang menerima pembiayaan musyarakah, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembahasan strategi memasarkan produk pembiayaan musyarakah sudah menerapkan bauran pemasaran atau marketing mix jasa dengan unsur 7P. strategi promosi, strategi harga, dan juga strategi tampilan fisik tampaknya menjadi yang paling dominan dalam mempengaruhi minat anggota untuk menggunakan produk pembiayaan musyarakah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan transaksi anggota pembiayaan musyarakah di BMT Beringharjo selalu menunjukkan peningkatan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu proses pembiayaan yang cepat dan efisien, fleksibilitas plafon pembiayaan sesuai kebutuhan usaha anggota, pendekatan berbasis syariah yang dipercaya oleh anggota, rekomendasi melalui word of mouth yang memperluas jangkauan keanggotaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | TAMARISKA SIWI AULIA KURNIA WIDODO |
Date Deposited: | 20 May 2025 03:23 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |