Strategi diferensiasi produk untuk menciptakan keunggulan bersaing pada UMKM tahu wijaya kembar Kampung tahu Tinalan Kota Kediri

Muna, Nur Shinta Adzimal (2025) Strategi diferensiasi produk untuk menciptakan keunggulan bersaing pada UMKM tahu wijaya kembar Kampung tahu Tinalan Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401007_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401007_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401007_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
20401007_bab2.pdf

Download (324kB)
[img] Text
20401007_bab3.pdf

Download (272kB)
[img] Text
20401007_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
20401007_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
20401007_bab6.pdf

Download (178kB)
[img] Text
20401007_daftarpustaka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
20401007_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nur Shinta Adzimal Muna, Dosen Pembimbing Amrul Mutaqin, MEI dan Sidanatul Janah, M.H, Strategi Diferensiasi Produk Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Pada UMKM Tahu Wijaya Kembar Kampung Tahu Tinalan Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: UMKM, Diferensiasi Produk, Keunggulan Bersaing UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian dan terus berkembang pesat, menawarkan peluang usaha yang menjanjikan. Namun, persaingan yang ketat menuntut perusahaan untuk meningkatkan daya saing, beradaptasi, dan merespons kebutuhan pasar dengan cepat. Untuk itu, UMKM Wijaya Kembar menerapkan strategi diferensiasi produk, yaitu upaya menciptakan keunggulan bersaing dengan menarik konsumen agar memilih produk mereka dan membangun loyalitas pelanggan. Fokus Penelitian ini adalah: Menganalisi strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh UMKM Tahu Wijaya Kembar Kampung Tahu Tinalan Kota Kediri, dan menganalisis strategi diferensiasi produk untuk menciptakan keunggulan bersaing pada UMKM Tahu Wijaya Kembar Kampung Tahu Tinalan Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah owner UMKM Wijaya Kembar, karyawan UMKM Wijaya Kembar, dan Konsumen UMKM Wijaya Kembar. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Wijaya Kembar menerapkan strategi diferensiasi produk dengan menciptakan varian olahan tahu unik dan berbeda dari pesaing dengan menerapkan beberapa indikator diferensiasi produk seperti bentuk, fitur, mutu kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan, dan keandalan untuk menarik minat dan menjaga loyalitas konsumen. Selain itu mereka juga fokus pada inovasi, kualitas bahan baku, dan kemasan yang baik, serta menjaga daya tahan produk. Meskipun tidak menerapkan strategi penurunan biaya, mereka tetap bersaing dengan harga kompetitif, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan camilan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Shinta Adzimal Muna
Date Deposited: 19 May 2025 04:40
Last Modified: 19 May 2025 04:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17306

Actions (login required)

View Item View Item