Strategi Promosi dan Harga Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Pendapatan di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Lawu Pada Tahun 2022-2024

Tamara, Shinta Syafa (2025) Strategi Promosi dan Harga Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Pendapatan di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Lawu Pada Tahun 2022-2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20402085_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20402085_bab1.pdf

Download (549kB)
[img] Text
20402085_bab2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
20402085_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
20402085_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
20402085_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
20402085_bab6.pdf

Download (195kB)
[img] Text
20402085_daftarpustaka.pdf

Download (437kB)
[img] Text
20402085_lampiran.pdf

Download (935kB)
[img] Text
20402085_LEMBAR SURAT PERNYATAAN SHINTA SYAFA TAM.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian mengenai strategi promosi dan harga pembiayaan murabahah di BSI KCP Kediri Pare Lawu memiliki urgensi yang tinggi untuk meningkatkan pendapatan bank. Mengingat persaingan yang ketat dan pentingnya pembiayaan murabahah sebagai sumber pendapatan, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi promosi yang tepat dan harga yang kompetitif dapat menarik lebih banyak nasabah dan meningkatkan volume pembiayaan. Selain itu, penelitian ini juga penting untuk menyesuaikan strategi dengan karakteristik pasar lokal, yang pada gilirannya akan memperkuat posisi bank di pasar, untuk meningkatkan pendapatan bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer melalui observasi dan wawancara dengan semua staff dan nasabah BSI KCP Kediri Pare Lawu sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, webside serta dokumentasi dari pihak BSI KCP Kediri Pare Lawu. Dalam melakukan analisis data melalui tiga tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh BSI KCP Kediri Pare Lawu meliputi kegiatan sosialisasi, penggunaan social media, program edukasi, dan promosi langsung seperti hadiah tanpa diundi untuk menarik perhatian nasabah. Sementara itu, penetapan harga pembiayaan murabahah yang kompetitif dan sesuai dengan prinsip syariah menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya tarik produk tersebut bagi nasabah. Selain itu, pendekatan yang transparan dalam menjelaskan harga dan manfaat pembiayaan murabahah turut memperkuat kepercayaan nasabah dan berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan pembiayaan murabahah. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang efektif dan harga yang kompetitif memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan pada BSI KCP Kediri Pare Lawu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Shinta Syafa Tamara
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:45
Last Modified: 12 Jun 2025 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17289

Actions (login required)

View Item View Item