STRATEGI KREATIF CONTENT CREATOR PETANI MILENIAL DESA KEBONREJO DALAM MEMPRODUKSI VIDEO DI AKUN TIKTOK SINEAS KAMPUNG

Iftitakhul hidayah, iftitah (2025) STRATEGI KREATIF CONTENT CREATOR PETANI MILENIAL DESA KEBONREJO DALAM MEMPRODUKSI VIDEO DI AKUN TIKTOK SINEAS KAMPUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
Prabab P.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9335.048.17_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9335.048.17_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN IFTITAH FIX.docx
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)

Abstract

Iftitakhul Hidayah, 2024. Strategi Kreatif Content Creator Petani Milenial Desa Kebonrejo Dalam Memproduksi Video Di Akun Tiktok Sineas Kampung, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri. Pembimbing (1) Siti Amanah, M.Si. (2) Lukman Hakim, M.Sos. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Content Creator, Petani Milenial, Produksi Video, Tiktok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Kreatif Content Creator Petani Milenial Desa Kebonrejo Dalam Memproduksi Video Di Akun Tiktok Sineas Kampung. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah kualitatif. Penelitian ini melibatkan 4 orang informan yang dipilih secara purposive. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam, observasi dan studi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori New Media dan Strategi Kreatif Menurut Quentin Newark. Penelitian ini menunjukkan bahwa para produsen konten mengadopsi pendekatan kreatif ketika membuat video, yang melibatkan pelacakan tren media sosial di TikTok dan kemudian menyesuaikan konten dengan demografi petani milenial. Selain itu, mereka juga membuat situasi komedi atau sitkom yang mana sumber inspirasinya berdasarkan keluh kesah yang mereka rasakan sebagai petani muda. Memilih aplikasi media sosial TikTok dan untuk pendistribusian konten Sineas Kampung karena menganggap media sosial tersebut sedang sangat digandrungi di era sekarang, sehingga lebih mudah untuk cepat mendapatkan perhatian publik. Strategi kreatif yang digunakan Sineas Kampung dalam memproduksi video tiktok adalah mengumpulkan ide (gagasan) yang sedang menjadi trend di Tiktok, mencari tahu masalah atau kegelisahan yang sedang relate di kalangan petani dan anak muda, memproduksi video dengan kualitas gambar yang bagus, dan berpenampilan sesuai dengan petani (menggunakan kaos hadiah pembelian produk pestisida), mengedit dan menambahkan subtitle dalam video, menggunakan audio yang sedang ramai digunakan oleh pengguna tiktok, memberikan thumbnail judul dan caption yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Depositing User: IFTITAKHUL HIDAYAH
Date Deposited: 15 May 2025 07:33
Last Modified: 15 May 2025 07:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item