Iftitakhul hidayah, iftitah (2025) STRATEGI KREATIF CONTENT CREATOR PETANI MILENIAL DESA KEBONREJO DALAM MEMPRODUKSI VIDEO DI AKUN TIKTOK SINEAS KAMPUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
Prabab P.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_bab2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_bab3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_bab6.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9335.048.17_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN IFTITAH FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
Abstract
Iftitakhul Hidayah, 2024. Strategi Kreatif Content Creator Petani Milenial Desa Kebonrejo Dalam Memproduksi Video Di Akun Tiktok Sineas Kampung, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri. Pembimbing (1) Siti Amanah, M.Si. (2) Lukman Hakim, M.Sos. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Content Creator, Petani Milenial, Produksi Video, Tiktok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Kreatif Content Creator Petani Milenial Desa Kebonrejo Dalam Memproduksi Video Di Akun Tiktok Sineas Kampung. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah kualitatif. Penelitian ini melibatkan 4 orang informan yang dipilih secara purposive. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam, observasi dan studi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori New Media dan Strategi Kreatif Menurut Quentin Newark. Penelitian ini menunjukkan bahwa para produsen konten mengadopsi pendekatan kreatif ketika membuat video, yang melibatkan pelacakan tren media sosial di TikTok dan kemudian menyesuaikan konten dengan demografi petani milenial. Selain itu, mereka juga membuat situasi komedi atau sitkom yang mana sumber inspirasinya berdasarkan keluh kesah yang mereka rasakan sebagai petani muda. Memilih aplikasi media sosial TikTok dan untuk pendistribusian konten Sineas Kampung karena menganggap media sosial tersebut sedang sangat digandrungi di era sekarang, sehingga lebih mudah untuk cepat mendapatkan perhatian publik. Strategi kreatif yang digunakan Sineas Kampung dalam memproduksi video tiktok adalah mengumpulkan ide (gagasan) yang sedang menjadi trend di Tiktok, mencari tahu masalah atau kegelisahan yang sedang relate di kalangan petani dan anak muda, memproduksi video dengan kualitas gambar yang bagus, dan berpenampilan sesuai dengan petani (menggunakan kaos hadiah pembelian produk pestisida), mengedit dan menambahkan subtitle dalam video, menggunakan audio yang sedang ramai digunakan oleh pengguna tiktok, memberikan thumbnail judul dan caption yang menarik.
Actions (login required)
![]() |
View Item |