Nurudin, Shokib Isa (2018) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN 8 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932129714_PRA BAB.pdf Download (538kB) |
|
Text
932129714_BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
932129714_BAB II.pdf Download (277kB) |
|
Text
932129714_BAB III.pdf Download (108kB) |
|
Text
932129714_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
932129714_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
Text
932129714_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
Abstract
Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning. motivasi belajar siswa Strategi dalam sebuah pembelajaran harus mampu membuat siswa menjadi termotivasi dalam pembelajaran. Siswa yang sulit memahami pembelajaran adalah siswa yang dalam pembelajaran kurang termotivasi, siswa yang kurang termotivasi akan cenderung menghindari pelajaran tersebut, malas mendengarkan saat guru memberikan gambaran tentang tema pembelajaran. Sedangkan siswa yang memahami materi pelajaran adalah siswa yang termotivasi untuk belajar, Siswa yang memiliki motivasi belajar akan selalu merasa ingin tahu dengan tema pembelajaran, akan selalu aktif bertanya dalam kegiatan diskusi. Dari sini terlihat betapa pentingnya motivasi belajar siswa agar segala nilai-nilai kebudayaan islam dalam pembelajaran bisa dipahami oleh siswa dan diterapkan dalam kehidupan siswa. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian Di MTsN 8 Kediri dengan penerapan Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTsN 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis data observasi,analisis data interview dan analisis data dokumentasi. pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan, (1) Penerapan Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 8 Kediri hanya dilakukan Dalam empat komponen pembelajaran kontekstual, yaitu komponen bertanya, menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (learning community),penilaian yang sebenarnya (2) Penerapan contextual teaching and learning dengan diskusi telah berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, adanya Peningkatan motivasi belajar siswa ini, karena munculnya rasa ingin tahu siswa dengan metode diskusi. (3) Faktor pendukung, Adanya fasilitas perpustakaan, LCD proyektor dan Wifi, Motivasi belajar siswa yang tinggi, Guru Mata Pelajaran yang berkompeten, Motivasi guru dalam menciptakan suasana baru dalam proses pembelajaran, Kemampuan dan kreativitas guru dalam penggunaan strategi pembelajaran.(4) faktor penghambat, Kurangnya waktu jam pelajaran, Beragamnya kemampuan siswa, Adanya peraturan yang melarang siswa membawa Hp/Smartphone ke sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 03:24 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 03:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1726 |
Actions (login required)
View Item |