Penerapan metode tabarak untuk meningkatkan hafalan al-quran anak usia 3-6 tahun di TPQ Tahfizh Al-Hafizh di Desa Gadungan Kecamatan Wates

Sari, Mita Gerisa (2025) Penerapan metode tabarak untuk meningkatkan hafalan al-quran anak usia 3-6 tahun di TPQ Tahfizh Al-Hafizh di Desa Gadungan Kecamatan Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201161_prabab.pdf

Download (834kB)
[img] Text
21201161_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
21201161_bab2.pdf

Download (288kB)
[img] Text
21201161_bab3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
21201161_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
21201161_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
21201161_bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
21201161_daftarpustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
21201161_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (887kB)

Abstract

Mita Gerisa Sari, Dosen Pembimbing Nurul Ahsin, M.Pd. dan Muhammad Nabhani, M.H., Penerapan Metode Tabarak Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Usia 3-6 Tahun di TPQ Tahfizh Al-Hafizh di Desa Gadungan Kecamatan Wates. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2025. Kata Kunci: Metode Tabarak, Hafalan Al-Quran, Anak Usia 3-6 Tahun Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang salah satu pendidikan non-formal yakni TPQ Tahfizh Al-Hafizh yang menggunakan metode Tabarak untuk meningkatkan hafalan Al-Quran anak usia 3-6 tahun. Fokus penelitian ditujukan pada tiga hal; 1) Penerapan Metode Tabarak dalam upaya peningkatan hafalan Al-Qur’an anak usia 3-6 tahun di TPQ Tahfizh Al-Hafizh. 2) Faktor pendukung keberhasilan dalam penerapan metode Tabarak di TPQ Tahfizh Al-Hafizh. 3) Faktor penghambat keberhasilan dalam penerapan metode Tabarak di TPQ Tahfizh Al-Hafizh, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Tabarak dalam proses meningkatkan hafalan Al-Quran anak usia 3-6 tahun di TPQ Tahfizh Al-Hafizh serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di TPQ Tahfizh Al-Hafizh yang terletak di Dusun Karangkliwon RT 24 RW 09 Desa Gadungan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dari beberapa informan sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber data yang sudah ada berupa dokumen TPQ, laporan harian santri, buku hasil belajar, dan lain sebagainya. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian melakukan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode Tabarak dilakukan dengan pemutaran murotal Al-Quran secara berulang-ulang dari para qari’ ternama. Metode Tabarak dipilih karena menggunakan audio sehingga bisa melatih fokus anak, setiap kenaikan level ada syarat yang harus dipenuhi, proses pembelajaran satu bulan selama 32 jam, kelas level 1 dan level 2 sepenuhnya dengan pendampingan ustadzah. 2) Faktor pendukung keberhasilan di antaranya dukungan orang tua, peran ustadzah atau tenaga pengajar, kemauan dan kegigihan anak, serta fasilitas atau sarana prasarana. 3) Faktor penghambat terdiri dari perilaku anak di dalam kelas, kemampuan hafalan anak, sebagian kecil orang tua yang memiliki kesibukan, dan terakhir adalah kemampuan awal anak pada saat masuk ke lembaga tahfizh yang lebih rendah dari pada anak yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MITA GERISA SARI
Date Deposited: 28 May 2025 06:52
Last Modified: 28 May 2025 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item