Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ilmu Tajwid Pada Kelas V Di SDN Rejomulyo Kediri

SHOLIHAH, NADIA RAHMATUS (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ilmu Tajwid Pada Kelas V Di SDN Rejomulyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201058_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201058_bab1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
21201058_bab2.pdf

Download (210kB)
[img] Text
21201058_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
21201058_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21201058_bab5.pdf

Download (99kB)
[img] Text
21201058_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
21201058_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21201058_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Nadia Rahmatus Sholihah. Dosen pembimbing, Dr. Fartika Ifriqia, M. Pd dan Maimunatun Habibah, M. Pd.I, Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ilmu Tajwid Pada Kelas V Di SDN Rejomulyo Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2025. Kata Kunci: Flipchart Digital, Pemahaman, Ilmu Tajwid Standar baku bacaan Al-Qur’an berada pada ilmu tajwid. Pemahaman Ilmu Tajwid menjadi masalah utama yang perlu untuk dikembangkan. Pemanfaatan media membantu peserta didik dalam mengingat informasi atau materi pembelajaran dengan lebih unggul. Pemahaman ilmu tajwid khususnya hukum bacaan mim mati pada peserta didik kelas V di SDN Rejomulyo Kediri masih sangat kurang dengan jumlah rata-rata 52,8 , penggunaaan media pembelajaran juga masih jarang digunakan. Pemanfaatan flipchart digital dalam proses belajar agama islam mempunyai peluang untuk mengoptimalkan dan dinilai efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa terutama dalam materi ilmu tajwid. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran flipchart digital pada materi ilmu tajwid, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran flipchart digital pada materi ilmu tajwid kelas V, 3) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas V SDN Rejomulyo Kediri pada materi ilmu tajwid dengan menggunakan media pembelajaran flipchart digital. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan subjek uji coba peserta didik kelas V SDN Rejomulyo Kediri. Uji validasi atau kelayakan media terdiri dari ahli media dan ahli materi, sedangkan untuk uji keefektifan media diambil dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Kemudian pretest dan post-test untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) . Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran flipchart digital. Desain pengembangan diawali dari menganalisis masalah, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, mengevaluasi produk. Media ini berbasis teknologi, yang memuat materi ilmu tajwid hukum mim mati, dilengkapi dengan video dan audio tentang hukum mim mati. Serta dapat diakses melalui link dan kode QR. 2) Hasil uji validitas dari ahli media 1 93%, ahli media 2 97,3%, validasi ahli materi 1 93%, dan dari ahli materi 2 mendapatkan 100% yang artinya masuk dalam kategori “Sangat Layak”. 3) Hasil tes tingkat pemahaman peserta didik pada nilai pretest mendapatkan nilai rata-rata 39,1 dengan presentase 3%. Kemudian pada nilai post-test mendapatkan rata-rata nilai 73,3 dengan presentase 77%. Dari hasil tersebut pemahaman peserta didik pada materi ilmu tajwid melalui penggunaan media pembelajaran flipchart digital mengalami peningkatan yang lebih baik. Dan media flipchart dinilai lebih efektif dari media yang lain karena tampilan yang menarik da nisi materi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NADIA RAHMATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 19 May 2025 03:33
Last Modified: 19 May 2025 03:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17215

Actions (login required)

View Item View Item