Strategi Digital Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donatur (Studi Pada Laznas Yatim Mandiri Pusat)

FEBRIANDI, NABILLA ELVA (2025) Strategi Digital Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donatur (Studi Pada Laznas Yatim Mandiri Pusat). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20402057_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20402057_bab1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
20402057_bab2.pdf

Download (211kB)
[img] Text
20402057_bab3.pdf

Download (202kB)
[img] Text
20402057_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
20402057_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
20402057_bab6.pdf

Download (117kB)
[img] Text
20402057_daftarpustaka.pdf

Download (188kB)
[img] Text
20402057_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20402057_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (260kB)

Abstract

Nabilla Elva Febriandi. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Sulistyowati, SHI, MEI dan Choiril Anam, M.E.I., Strategi Digital Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donatur (Studi Pada Laznas Yatim Mandiri Pusat), Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2025. Kata kunci : Strategi, Digital Fundraising, Fundraising, Donatur. Pada zaman yang modern ini, teknologi, komunikasi, dan informasi telah mengalami kemajuan pesat, sehingga hampir semua segmen masyarakat telah mengadopsi penggunaan teknologi. Pemanfaatan teknologi juga mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai jenis pembayaran, termasuk zakat, infak, dan sedekah. Oleh karena itu, penerapan strategi digital fundraising menjadi suatu kebutuhan mendesak guna memastikan kelangsungan dan efektivitas programprogram yang dijalankan. Laznas Yatim Mandiri Pusat merupakan salah satu lembaga yang menerapkan strategi digital fundraising tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih mendalam terkait strategi digital fundraising dalam meningkatkan jumlah donatur pada Laznas Yatim Mandiri Pusat untuk memahami efisiensi strategi digital dalam memperluas jangkauan donatur di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan staff operasional dan donatur yang aktif berdonasi melalui platform digital di Laznas yatim mandiri Pusat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Laznas Yatim Mandiri berhasil menerapkan direct fundraising melalui berbagai platform digital, seperti website resmi, e-commerce, aplikasi fintech, dan crowdfunding. Strategi ini memungkinkan donatur untuk berdonasi secara langsung dengan akses yang mudah, aman, dan nyaman. Layanan multi-channel digital yang disediakan membantu mempermudah proses donasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program sosial. 2) Dalam metode indirect fundraising, Laznas Yatim Mandiri mengoptimalkan media sosial, SEO, iklan berbayar, dan konten yang terstruktur untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap program-programnya. Pendekatan ini didukung oleh prinsip "Muzakki Care" melalui CRM yang menjaga hubungan jangka panjang dengan donatur. Kombinasi strategi ini memungkinkan lembaga menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan loyalitas donatur, dan mendukung keberlanjutan program sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020309 Philanthropic Institution (Lembaga Filantropi; incl. Lembaga Filantropi Syariah/ Laziswaf)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: NABILLA ELVA FEBRIANDI
Date Deposited: 07 May 2025 06:09
Last Modified: 07 May 2025 06:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item View Item