Yuniarti, Rina (2025) Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi Pada UD. Metro Food, Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
934127519_prabab.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
934127519_bab1.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
934127519_bab2.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
934127519_bab3.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
934127519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text
934127519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text
934127519_bab6.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
934127519_daftarpustaka.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
934127519_persetujuanpublikasi.pdf Download (200kB) |
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa dihindarkan, terutama dengan semakin banyaknya usaha baru sebagai pesaing. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan. Strategi pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam suatu bisnis. Pelaku usaha harus mampu pandai berinovasi dan mengembangkan strategi pemasaran agar mampu mencapai target pasar dengan baik tanpa mengesampingkan nilai-nilai syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan UD. Metro Food dalam menghadapi persaingan usaha, (2) Untuk menganalisis strategi pemasaran UD. Metro Food dalam menghadapi persaingan usaha ditinjau dari pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian di mana di dalamnya seseorang atau sekelompok orang meneliti suatu pengalaman, peristiwa atau fenomena kehidupan individu dan menceritakan kembali informasi yang diperoleh dalam kronologi deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) UD. Metro Food menerapkan beberapa indikator strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha di antaranya yaitu dengan pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, sistem distribusi, dan komunikasi pemasaran. Kelima indikator tersebut secara keseluruhan telah diterapkan dengan baik, di mana UD. Metro Food hingga saat ini mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan bahkan produknya yang semakin meluas. UD. Metro Food juga telah memperluas pasarnya dengan memasuki pasar wisata dengan menunjukkan tulisan “Asli Kediri’ pada packaging produknya yang dapat memperkuat identitas daerah dan menjadikan daya tarik tambahan bagi konsumen. (2) Berdasarkan aspek pemasaran syariah, UD. Metro Food telah menerapkan beberapa karakteristik syariah, di antaranya dari segi teistis yaitu senantiasa menghadirkan Allah di setiap tindakannya, dari segi etis adalah menjaga etika dan melayani konsumen dengan rendah hati, serta bersikap jujur. Adapun nilai realistis yang diterapkan yaitu mempromosikan produk sesuai dengan keadaan yang ada. Dari segi humanistis yaitu melayani konsumen tanpa membeda-bedakan status sosialnya, saling membantu dan menghormati dengan sesama pesaing.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | RINA YUNIARTI |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |