Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi Pada UD. Metro Food, Kota Kediri)

Yuniarti, Rina (2025) Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi Pada UD. Metro Food, Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934127519_prabab.pdf

Download (800kB)
[img] Text
934127519_bab1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
934127519_bab2.pdf

Download (228kB)
[img] Text
934127519_bab3.pdf

Download (103kB)
[img] Text
934127519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
934127519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
934127519_bab6.pdf

Download (63kB)
[img] Text
934127519_daftarpustaka.pdf

Download (26kB)
[img] Text
934127519_persetujuanpublikasi.pdf

Download (200kB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa dihindarkan, terutama dengan semakin banyaknya usaha baru sebagai pesaing. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan. Strategi pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam suatu bisnis. Pelaku usaha harus mampu pandai berinovasi dan mengembangkan strategi pemasaran agar mampu mencapai target pasar dengan baik tanpa mengesampingkan nilai-nilai syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan UD. Metro Food dalam menghadapi persaingan usaha, (2) Untuk menganalisis strategi pemasaran UD. Metro Food dalam menghadapi persaingan usaha ditinjau dari pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian di mana di dalamnya seseorang atau sekelompok orang meneliti suatu pengalaman, peristiwa atau fenomena kehidupan individu dan menceritakan kembali informasi yang diperoleh dalam kronologi deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) UD. Metro Food menerapkan beberapa indikator strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha di antaranya yaitu dengan pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, sistem distribusi, dan komunikasi pemasaran. Kelima indikator tersebut secara keseluruhan telah diterapkan dengan baik, di mana UD. Metro Food hingga saat ini mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan bahkan produknya yang semakin meluas. UD. Metro Food juga telah memperluas pasarnya dengan memasuki pasar wisata dengan menunjukkan tulisan “Asli Kediri’ pada packaging produknya yang dapat memperkuat identitas daerah dan menjadikan daya tarik tambahan bagi konsumen. (2) Berdasarkan aspek pemasaran syariah, UD. Metro Food telah menerapkan beberapa karakteristik syariah, di antaranya dari segi teistis yaitu senantiasa menghadirkan Allah di setiap tindakannya, dari segi etis adalah menjaga etika dan melayani konsumen dengan rendah hati, serta bersikap jujur. Adapun nilai realistis yang diterapkan yaitu mempromosikan produk sesuai dengan keadaan yang ada. Dari segi humanistis yaitu melayani konsumen tanpa membeda-bedakan status sosialnya, saling membantu dan menghormati dengan sesama pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: RINA YUNIARTI
Date Deposited: 07 May 2025 02:34
Last Modified: 07 May 2025 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item