Ramadhanis, Angke Latifa (2024) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA (Studi Pada Koperasi Pengrajin Senapan Angin Logam Jaya Bersama Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20401124_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20401124_bab1.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
20401124_bab2.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
20401124_bab3.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
20401124_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text
20401124_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
20401124_bab6.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
20401124_daftarpustaka.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
20401124_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20401124_suratpernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
ANGKE LATIFA RAMADHANIS. Dosen pembimbing I Dr. Hj. Zuraidah, M.Si dan Dosen Pembimbing II Toni Adithya, M.S.A : Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Menjadi Anggota (Studi Pada Koperasi Pengrajin Senapan Angin Logam Jaya Bersama Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Ekonomi Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2024 Kata Kunci: Perilaku konsumen, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian Perilaku konsumen adalah ilmu yang mempelajari individu, cara sebuah kelompok, maupun organisasi melakukan pemilihan, pemakaian, hingga pembelian yang bertujuan untuk memanfaatkan barang atau jasa atau memuaskan kebutuhan mereka. Kelompok referensi adalah setiap kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perilaku atau sikap orang tersebut. Keputusan pembelian adalah sebuah proses keputusan yang terjadi pada konsumen dalam memilih produk atau merek yang ingin konsumen beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden yaitu anggota koperasi. Populasi diambil dari anggota koperasi sebanyak 139 anggota. Kemudian untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik sampling jenuh sehingga keseluruhan anggota merupakan sampel sebanyak 139 anggota, Hasil penelitian menunjukkan setelah diolah menggunakan SPSS 25 variabel kelompok referensi (X) pada anggota Koperasi Pengrajin Senapan Angin Logam Jaya Bersama dinyatakan dengan kategori setuju dengan presentase 72,7%. Untuk variabel keputusan pembelian (Y) pada anggota Koperasi Pengrajin Senapan Angin Logam Jaya Bersama dinyatakan dengan kategori setuju dengan presentase 89,2%. Hubungan antara kelompok referensi (X) terhadap keputusan pembelian (Y) pada anggota Koperasi Pengrajin Senapan Angin Logam Jaya Bersama yaitu berada pada interval koefisien kuat dengan angka 0,795. Dengan demikian, kelompok referensi pada penelitian ini merupakan para pemimpin koperasi pengrajin senapan angin logam jaya bersama yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara serta anggota lama yang tergabung pada tahun 2021 dalam memberikan pengaruh baik langsung maupun tidak langsung pada pengrajin senapan angin logam jaya bersama kesimpulannya terdapat pengaruh antara variabel X dan Y sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai koefisen determinasi (R2) sebesar 0,631 yang artinya 63,1% variabel keputusan pembelian pada anggota Koperasi Pengrajin Senapan Angin Logam Jaya Bersama dipengaruhi oleh kelompok referensi, serta sisanya 36,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ANGKE LATIFA RAMADHANIS |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:55 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |