Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis canva pada materi wakalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas x MAN 1 Nganjuk

Aminah, Siti (2025) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis canva pada materi wakalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas x MAN 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201053_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21201053_bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
21201053_bab2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
21201053_bab3.pdf

Download (280kB)
[img] Text
21201053_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
21201053_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21201053_bab5.pdf

Download (135kB)
[img] Text
21201053_daftarpustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Siti Aminah, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd., Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Pada Materi Wakalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X MAN 1 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan Media, Video Animasi, Hasil Belajar Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan telah menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi, yang mampu menyajikan materi dengan cara yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Canva pada materi wakalah, (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis Canva pada materi wakalah, dan (3) mengukur keefektifan media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih materi wakalah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Nganjuk dengan subjek penelitian siswa kelas X yang terdiri dari 15 siswa pada uji coba kecil dan 32 siswa pada uji coba besar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahapan: (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Dengan pendekatan ini, diharapkan media pembelajaran yang dihasilkan tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga mampu menarik minat siswa dan meningkatkan interaksi selama proses pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran video animasi menunjukkan bahwa 1) tahapan pengembangan mengikuti model ADDIE, dimulai dengan analisis kebutuhan, kurikulum, dan karakteristik peserta didik. Berdasarkan analisis tersebut, media pembelajaran dikembangkan dengan tujuan untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan, sesuai dengan prinsip Multimedia Learning yang dikemukakan oleh Mayer, yang mengutamakan penggunaan saluran verbal dan visual secara simultan. Pada tahap perancangan, materi disusun dan perangkat divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. 2) Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dengan persentase kelayakan masing-masing 78,85% (ahli media), 94,32% (ahli materi 1) dan 96,59% (ahli materi 2), serta 88,89% (ahli bahasa). 3) Keefektifan media pembelajaran ini diukur melalui uji pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain tinggi pada kelompok kecil dan besar (0,8 untuk keduanya). Uji Wilcoxon Rank dan uji t menunjukkan bahwa penggunaan video animasi berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Wawancara dengan guru dan angket respon siswa menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman materi, dengan persentase keefektifan mencapai 97,12% pada uji coba kecil dan 97,22% pada uji coba besar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Canva pada materi wakalah efektif, layak, dan dapat diteruskan dalam pembelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI AMINAH
Date Deposited: 07 May 2025 03:08
Last Modified: 07 May 2025 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17130

Actions (login required)

View Item View Item