Darmaningsih, Suciati (2019) Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Home Industry Keripik Tempe Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931342015_prabab.pdf Download (476kB) |
|
Text
931342015_bab 1.pdf Download (379kB) |
|
Text
931342015_bab 2.pdf Download (435kB) |
|
Text
931342015_bab 3.pdf Download (177kB) |
|
Text
931342015_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
931342015_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
931342015_bab 6.pdf Download (149kB) |
|
Text
931342015_daftar pustaka.pdf Download (165kB) |
|
Text
931342015_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi pengusaha untuk mencapai keberhasilan dalam memasarkan produknya serta mendapat keuntungan yang diharapkannya. Begitu pula dengan pengusaha home industry keripik tempe di desa Tanjungtani. Karena banyaknya home industry keripik tempe di desa tersebut, menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar home industry keripik tempe, oleh karena itu peran strategi pemasaran cukup penting untuk mempertahankan usaha tersebut dalam mencapai keberhasilan. Maka dari itu, dalam menentukan strategi pemasaran dalam mengahadapi persaingan pada home industry keripik tempe di desa Tanjungtani apakah sudah sesuai dengan karekteristik syariah marketing. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari pengusaha home industry keripik tempe di desa Tanjungtani kecamatan Prambon kabupaten Nganjuk. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, (1) Strategi pemasaran home industry keripik tempe di desa Tanjungtani yaitu: a) produk, mengutamakan bahan baku yang berkualitas bagus, b) harga, dalam menetapkan harga yaitu menghitung modal, harga bahan baku, dan biaya produksi, c) distribusi: dalam distribusi menggunakan distribusi langsung dan tidak langsung, d) promosi: menggunakan media sosial, dari mulut ke mulut, mengikuti bazar, dan memasang banner di depan rumah.(2) Strategi pemasaran home industry keripik tempe di desa Tanjungtani ditinjau dari syariah marketing yaitu: a) Teitis/Rabbaniyah: kualitas produk sebagian sudah sesuai dengan syariah marketing, namun ada juga yang belum sesuai dengan mengoplos minyak goreng menggunakan kemasan dengan minyak goreng curah, b) Etis: Dari segi menetapkan harga sebagian sudah sesuai dengan harga pasar, namun ada juga yang menetapkan harga di bawah harga pasar. Dalam ditribusi belum sepenuhnya sesuai, ada yang tidak tepat waktu dalam mengirim pesanan, padahal sebelumnya sudah ada perjanjian. (c) Realistis/Al-Waqi’iyah sudah sesuai dengan syariah marketing terwujud dari pengusaha home industry keripik tempe tidak mengadangada dalam mempromosikan produknya dan sesuai kenyataan. d) Humanitis/AlInsaniyah: sebagian sudah sesuai dengan terwujud dariproses produksi yang tidak mengganggu masyarakat sekitar, tidak menimbulkan kerugian pesaing lain, namun ada yang belum sesuai dengan membanting harga menimbulkan kerugian pesaing lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 03:17 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 03:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1712 |
Actions (login required)
View Item |