Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di MA Al Amien Ngronggo Kediri

AL ANSHORI, RIFQI ZAKARIA (2025) Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di MA Al Amien Ngronggo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201146__-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201146_bab 1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
20201146_bab 2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
20201146_bab 3.pdf

Download (448kB)
[img] Text
20201146_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
20201146_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
20201146_bab 6.pdf

Download (235kB)
[img] Text
20201146_daftar pustaka.pdf

Download (265kB)
[img] Text
20201146_sp.pdf

Download (127kB)

Abstract

RIFQI ZAKARIA AL ANSHORI, Dosen pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Dr. Sufirmansyah, M.Pd.I, Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Ma Al Amien Ngronggo Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Lingkungan Pondok Pesantren, Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar Lingkungan pondok pesantrern merurpakan keradaan yang mermperngarurhi turmburh dan kermbangnya santri, merncakurp termpat tinggal (asrama), termpat permberlajaran, kantor perndidikan, kantin dan sergala sersuratur yang berada di rurang lingkurp pondok persantrern yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Melalui pondok pesantren peserta didik juga dapat menuntut ilmu pengetahuan umum dengan bersekolah yang telah disediakan. Bahkan, saat ini banyak orang tua yang mempercayakan kepada pesantren untuk mendidik anaknya karena sekolah yang berbasis pesantren banyak dicari oleh masyarakat. Selaian belajar ilmu umum peserta didik juga mendapat ilmu agama secara langsung dipraktekkan. Namun hanya lingkungan yang mempengaruhi pembelajaran peserta didik, akan tetapi juga memerlukan bimbingan dari guru karena pada dasarnya guru merupakan pemegang peran utama dalam proses pembelajaran. Maka dari itu guru harus memiliki keterampilan mengajar agar dapat membawa peserta didik pada hasil belajar yang maksimal. Kerterampilan merngajar gurur adalah kermampuran dan kercakapan perngajar serbagai fasilitator dalam prosers permberlajaran serhingga dapat merncapai turjuran permberlajaran. Sehingga kombinasi antara lingkungan pondok pesantren dan keterampilan mengajar guru akan dapat membawa peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan hasil belajar akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) bagaimana lingkungan pondok pesantren Al Amien Ngronggo Kediri?, 2) bagaimana keterampilan guru mengajar di kelas XI MA Al Amien Ngronggo Kediri?, 3) bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI MA Al Amien Ngronggo Kediri?, 4) apakah terdapat pengaruh lingkungan pesantren terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MA Al Amien Ngronggo Kediri?, 5) apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MA Al Amien Ngronggo Kediri?, 6) Bagaimana pengaruh lingkungan pesantren dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MA Al Amien Ngronggo Kediri?.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIFQI ZAKARIA AL ANSHORI
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:46
Last Modified: 28 Apr 2025 06:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item