Mufida, Ulfiyatin (2019) Hubungan Kecerdasan Emosioanl (EQ) Dengan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932142315_prabab.pdf Download (415kB) |
|
Text
932142315_bab 1.pdf Download (181kB) |
|
Text
932142315_bab 2.pdf Download (218kB) |
|
Text
932142315_bab 3.pdf Download (267kB) |
|
Text
932142315_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
932142315_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text
932142315_bab 6.pdf Download (170kB) |
|
Text
932142315_daftar pustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
932142315_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
Abstract
Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari kegiatan belajar. Belajar diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan latihan Belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Untuk mengetahui seberapa jauh perubahan yang terjadi, perlu adanya penilaian. Begitu juga dengan pendidikan selalu diadakan penilaian dari hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah tingkat kecerdasan. Dalam mencapai keberhasilan belajar tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual saja tetapi juga membutuhkan kecerdasan emosional. kecerdasan emosional adalah Kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan intelegensi, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui ketrampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan ketrampilan sosial. Jadi, IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya partisipasi emosional terhadap materi pelajaran yang disampaikan di sekolah”. Keseimbangan antara IQ dan EQ merupakan kunci keberhasilan belajar siswa disekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah a) untuk mengetahui tingkat kecerdsan emosional (EQ) siswa b) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI c) untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 320 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates Kediri, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 175 siswa, instrumen yang digunakan adalah angket. Angket kecerdasan emosional disusun berdasarkan indikator menurut Daniel Goelman, sedangkan hasil belajar didapat dari hasil tes ulangan harian siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian ini adalah (a) tingkat kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata (mean) 50,74. (b) hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates Kediri berada pada kategori baik dengan nilairata-rata (mean) 78,51. (c) Dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka mendapat hasil tolak H0 dan terima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI dengan nilai korelasi sebesar 0,286. Maka, kategori tersebut menunjukkan dalam kategori hubungan rendah antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates Kediri. Kecerdasan emosional hanya bekontribusi sebesar 11,8% terhadap hasil belajar PAI, sedangkan sisanya 88,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:37 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1707 |
Actions (login required)
View Item |