Konteks Analisis Keaneragaman Hayati Air Terjun Irenggolo Untuk Pengembangan Modul Ajar Klasifikasi Makhluk Hidup MTsN 8 Kediri Kurikulum Merdeka

Winanti, Zuan Puri (2024) Konteks Analisis Keaneragaman Hayati Air Terjun Irenggolo Untuk Pengembangan Modul Ajar Klasifikasi Makhluk Hidup MTsN 8 Kediri Kurikulum Merdeka. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20208006_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20208006_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
20208006_bab2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20208006_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
20208006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
20208006_bab5.pdf

Download (259kB)
[img] Text
20208006_daftarpustaka.pdf

Download (991kB)
[img] Text
20208006_suratpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar klasifikasi makhluk hidup guna memudahkan siswa untuk mempelajari materi. Penelitian ini menggunakan metode Research & Develop (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Define, peneliti melakukan analisis awal yaitu peneliti mencari permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup. Pada tahap Design peneliti merancang media modul ajar klasifikasi makhluk hidup yang akan dikembangkan. Di tahap Develop, dibuat media pembelajaran dan materi sesuai desain yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada tahap Disseminate, produk disebarkan melalui sekolah. modul ajar yang telah dikembangkan memperoleh nilai Validasi media menunjukkan persentase kevalidan sebesar 72%, yang dikategorikan sebagai sangat valid dan layak digunakan. Validasi materi menunjukkan persentase kevalidan sebesar 96,7%, juga dikategorikan sebagai sangat valid dan layak digunakan. Selain validasi dari para ahli, kelayakan media juga dinilai berdasarkan hasil angket respon siswa, yang menunjukkan persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil dari uji reliabilitas diketahui bahwa nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,651 dengan jumlah item yang diuji sebanyak 20. Karena nilai Cronbach's Alpha ini lebih besar dari 0,60, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penelitian tersebut memiliki tingkat reliabilitas yang memadai dan konsisten dalam mengukur variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0501 Ecological Applications > 050103 Invasive Species Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: ZUAN PURI WINANTI
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:43
Last Modified: 01 Jul 2025 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17039

Actions (login required)

View Item View Item