Firdaus, Fadilah Auliya' (2024) Strategi Pemasaran Aplikasi Muamalat DIN (Digital Islamic Network) dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah ( Studi Kasus pada Bank Muamalat KCU Kediri ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
931409818_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
931409818_bab1.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
931409818_bab2.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
931409818_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text
931409818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text
931409818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
931409818_bab6.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
931409818_daftarpustaka.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
931409818_persetujuanpublikasi.pdf Download (575kB) |
Abstract
Firdaus, Fadilah Auliya’. 2024. Strategi Pemasaran Aplikasi Muamalat DIN (Digital Islamic Networks) dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat KCU Kediri). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing (1) Rofik Efendi, S. Kom, MM dan Pembimbing (2) Moch. Zainuddin, MEI. Kata Kunci: Strategi pemasaran, Muamalat DIN, Jumlah Nasabah Setiap tahunnya, persaingan bisnis perbankan semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Hal ini ditandai dengan munculnya layanan mobile banking yang merupakan sebuah inovasi besar pada industri perbankan. Bank Muamalat memiliki layanan berupa Mobile Banking yang dinamakan Muamalat DIN. Aplikasi tersebut merupakan layanan elektronik yang disediakan menggunakan jaringan internet ponsel untuk memberikan kemudahan nasabah untuk bertransaksi atau berbisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran strategi pemasaran aplikasi Muamalat DIN dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Muamalat KCU Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Bank Muamalat Cabang Kediri menggunakan strategi pemasaran dengan memberikan kemudahan berupa pembayaran yang praktis, fitur lengkap, aplikasi Muamalat DIN juga jarang mengalami trouble dan keamanannya diawasi oleh OJK, tidak dikenakan biaya administrasi, dan mendapat diskon belanja ketika menggunakan aplikasi sehingga semakin menarik perhatian nasabah. Strategi pemasaran Muamalat DIN terbukti berdampak dalam meningkatkan nasabah. Berdasarkan wawancara dari 10 nasabah menggunakan indikator product, price, place, dan promotion diperoleh bahwa product M-DIN lebih disukai dibanding indikator lainnya. Kemudahan akses, fitur lengkap, keamanan yang kuat, desain UX atau UI yang friendly, dan menggunakan penawaran khusus untuk nasabah seperti promo merupakan strategi pemasaran yang berhasil diterapkan muamalat DIN untuk meningkatkan jumlah nasabah. Jumlah nasabah pengguna aplikasi DIN terbukti meningkat dari tahun 2019 hingga 2022. Pada tahun 2019 sebanyak 1.481 pengguna, meningkat menjadi 1.749 pengguna pada tahun 2020, naik lagi menjadi 2.417 pengguna pada tahun 2021, menjadi 3.262 pengguna pada tahun 2022, dan mencapai 3.925 pada tahun 2023. Peningkatan jumlah nasabah disebabkan oleh tiga hal, yaitu aplikasi muamalat DIN terbukti bermanfaat untuk kebutuhan pengguna, kualitas pelayanan yang baik terbukti dari customer service yang cepat tanggap jika nasabah mengalami kesulitan, dan nasabah merasa puas karena tidak membuang waktunya untuk menggunakan transaksi perbankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | FADILAH AULIYA` FIRDAUS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:36 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |