Motivasi konsumen dalam keputusan pembelian baju thrift ditinjau dari prinsip konsumsi islam (studi pada saleproject kelurahan Ngronggo kota Kediri)

Shokhikhah, Nur Shaikhut Toharotus (2024) Motivasi konsumen dalam keputusan pembelian baju thrift ditinjau dari prinsip konsumsi islam (studi pada saleproject kelurahan Ngronggo kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934119919_Prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
934119919_Bab 1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
934119919_bab 2.pdf

Download (618kB)
[img] Text
934119919_bab 3.pdf

Download (223kB)
[img] Text
934119919_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
934119919_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
934119919_bab 6.pdf

Download (201kB)
[img] Text
934119919_daftar_pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
934119919_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Motivasi merupakan kemauan dari seseorang yang memaksa diri untuk melakukan tindakan. Dorongan tersebut disebabkan karena suatu kebutuhan yang yang tidak terpuaskan. Untuk menggambarkan korelasi antara motivasi dan kebutuhan manusia atau konsumen, kita dapat melihat secara tingkatan menggunakan teori Abraham Maslow yaitu Maslows Hierarchy of Needs yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. kegiatan tersebut juga harus sesuai dengan prinsip konsumsi islam. Prinsip konsumsi Islam yang harus diperhatikan, yaitu prinsip keadilan, prinsip kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati dan aspek moralitas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk menjelaskan bagaimana motivasi konsumen dalam keputusan pembelian baju thrift. 2) Untuk menjelaskan bagaimana motivasi konsumen dalam keputusan pembelian baju thrift ditinjau dari prinsip konsumsi Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi yang paling besar muncul pada konsumen dalam membeli baju thrift adalah kebutuhan fisiologis dan kebutuhan sosial. 2) Motivasi konsumen dalam melakukan pembelian belum sepenuhnya menerapkan konsumsi dalam islam, karena hanya mengikuti trend yang dapat menimbulkan tingkat konsumtif atau pemborosan yang tinggi hal tersebut tidak baik dan tidak sesuai dengan ajaran islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Shaikhut Toharotus Shokhikhah
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:40
Last Modified: 17 Apr 2025 03:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item