PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN FREE SHIPPING TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri Tahun Angkatan 2021)

HIKMAH, RISKA AMANATUL (2024) PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN FREE SHIPPING TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri Tahun Angkatan 2021). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20401141_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401141_bab1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
20401141_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
20401141_bab3.pdf

Download (348kB)
[img] Text
20401141_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
20401141_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
20401141_bab6.pdf

Download (53kB)
[img] Text
20401141_daftarpustaka.pdf

Download (193kB)
[img] Text
20401141_lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20401141_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

HIKMAH, RISKA AMANATUL. Dosen Pembimbing Dr. Yuliani, SE, M.M dan Rendi Ardika, S.Pd. M. Akun. Pengaruh Price Discount Dan Free Shipping Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kediri Tahun Angkatan 2021). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. 2024 Kata Kunci: Price Discount, Free Shipping, Impulse Buying Price discount merupakan pengurangan harga suatu produk dari harga normalnya selama periode tertentu. Free shipping merupakan bentuk strategi persuasi langsung yang menggunakan berbagai insentif untuk merangsang pembelian produk secara segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan dengan cara membebaskan pelanggan dari biaya pengiriman. Impulse buying merupakan pembelian yang dilakukan secara spontan tanpa perencanaan sebelumnya, ditandai oleh keputusan yang cepat dan dorongan subyektif untuk segera memiliki barang tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan price discount, free shipping, dan impulse buying pada marketplace Shopee serta untuk menjelaskan adanya pengaruh secara parsial dan simultan antara price discount dan free shipping terhadap impulse buying yang dilakukan oleh mahasiswa FEBI IAIN Kediri angkatan 2021 pada marketplace Shopee. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian dan dibagikan kepada responden yakni mahasiswa FEBI IAIN Kediri angkatan 2021. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 249 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel price discount, free shipping, dan impulse buying tergolong dalam kategori cukup. Terdapat korelasi sedang antara price discount dengan impulse buying sebesar 0,425 dan free shipping dengan impulse buying sebesar 0,535, keduanya signifikan pada 0,000. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=9,563+0,242X1+0,462X2+e, yang menunjukkan bahwa price discount dan free shipping memiliki pengaruh positif terhadap impulse buying. Berdasarkan uji t, baik price discount dan free shipping berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji f, nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa price discount dan free shipping secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,355 yang berarti price discount dan free shipping berpengaruh terhadap impulse buying sebesar 35,5%, sedangkan sisanya sebesar 64,5% dipengaruhi oleh variabel lain selain price discount dan free shipping yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti contests, coupons, refund and rebates, ataupun variabel lain yang berhubungan dengan impulse buying.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Riska Amanatul Hikmah
Date Deposited: 10 Feb 2025 04:53
Last Modified: 10 Feb 2025 04:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16792

Actions (login required)

View Item View Item