sidqi, M. Fariz (2024) PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DI MASJID JAMI’ DESA GROGOL KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20201037_prabab.pdf Download (645kB) |
![]() |
Text
20201037_bab1.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
20201037_bab2.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
20201037_bab3.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
20201037_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
![]() |
Text
20201037_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
![]() |
Text
20201037_bab6.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
20201037_daftarpustaka.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
20201037_lampiran.pdf Download (954kB) |
![]() |
Text
20201037_suratpernyataanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Peran masjid mungkin dewasa ini telah berkurang, akan tetapi tetap memperahankan peran dasarnya yaitu untuk beribadah. Akan tetapi peran masjid sangat luas sekali untuk kehidupan Masyarakat, salah satunya sebagai pendidikan nonformal secara keagamaan. Untuk membentuk karateristik Islami disetiap individu yang mengikutinya. Dan terdapat fokus yang melatarinya yaitu bagaimana peranan yang dijalani, apa saja bentuk-bentuk pendidikan nonformal dan faktor�faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Masjid Jami’ Grogol sebagai pusat pendidikan nonformal untuk membentuk karakter Islami, mendeskripsikan bentuk pendidikan nonformal di Masjid Jami’ Grogol serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat peran Masjid Jami’ Grogol sebagai pusat pendidikan nonformal untuk membentuk karakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dan dokumentasi. Teknik analisis data lapangan model Miles and Hubermen yang digunakan adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk pengecekan keabsahanya yaitu meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan masjid jami’ dalam membentuk karakter Islami yaitu beriman, ta’at, Ikhlas, pemaaf, bersyukur, saling tolong-menolong, saling menghargai ada tiga peranan yaitu 1) sebagai lembaga ibadah, 2) sebagai lembaga dakwah, 3) dan yang terakhir sebagai lembaga kemasyarakatan. Untuk meningkatkan peranan masjid tersebut Secara garis besar terdapat dua bentuk pendidikan nonformal di masjid jami’ yaitu majlis ta’lim seperti pengajian, khotmil qur’an, muhalilin dan yang kedua pendidikan al-qur’an atau TPQ. Faktor-faktor yang memengaruhi ada dua yaitu faktor pendukung seperti antusiasnya Masyarakat dalam mengikuti maupun membantu berjalanya semua kegiatan sedangkan faktor penghambatnya seperti cuaca yang tidak menentu dan berhalanganya hadir baik pemateri maupun jama’ah karena kesibukanya atau ada acara yang mendadak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOHAMMAD FARIZ SIDQI |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:23 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |