Personal selling sales promotion girl dalam meningkatkan penjualan perspektif pemasaran Islam (studi di Prima Swalayan Nganjuk)

Annisa, Cholivatul (2024) Personal selling sales promotion girl dalam meningkatkan penjualan perspektif pemasaran Islam (studi di Prima Swalayan Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
934128419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934128419_bab1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
934128419_bab2.pdf

Download (224kB)
[img] Text
934128419_bab3.pdf

Download (45kB)
[img] Text
934128419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
934128419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
934128419_bab6.pdf

Download (54kB)
[img] Text
934128419_daftarpustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Cholivatul Annisa. 2024. Personal selling adalah bagian dari pemasaran, adalah penyampaian secara langsung oleh para tenaga penjual perusahaan dengan tujuan meningkatkan penjualan dan membangun hubungan dengan konsumen. Personal selling juga biasa dilakukanoleh Sales Promotion Girl. Jasa Sales Promotion Girl telah dimanfaatkan oleh sejumlah bisnis. Satu diantaranya yang menggunakan jasa Sales Promotion Girl adalah Morinaga yang merupakan produk dari Kalbe Nutritionals.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana personal sellingsales promotion girl dalam meningkatkan penjualan di Prima Swalayan Nganjuk dan bagaimana personal selling sales promotion girl dalam meningkatkan penjualan di Prima Swalayan Nganjuk perspektif Pemasaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti disini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, dan juga triangulasi. Pada tahap terakhir ini ialah tahap pra lapangan, tahap lapangan, tahap Analisa data, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) personal selling yang dilakukan sales promotion girl Morinaga di Prima Swalayan menghasilkan peningkatan penjualan, akan tetapi juga terdapat penjualan kurang optimal terutama pada tahun 2019 hingga 2020 karena saat itu sedang terjadinya pandemi. Penjualan kembali mengalami kenaikan padatahun 2021 hingga 2023 dengan memperhatikan 6 (enam) tahapan personal selling yaitu pencarian potensial pelanggan untuk mencari calon pelanggan, pendekatan awal agar sales promotion girl Morinaga dapat lebih akrab dengan konsumen, presentasi dan demonstrasi untuk menyampaikan segala informasi terkait produk, mengatasi hambatan untuk memberikan penawaran terbaik kepada konsumen, penutupan untuk memprediksi calon pembeli akan melanjutkan ke tahap pembelian atau tidak, follow-up dan pemeliharaan untuk menjaga hubungan yang sudah tercipta antara sales promotion girl Morinaga dengan konsumen. (2) personal sellingsales promotion girl dalam meningkatkan penjualan di Prima Swalayan Nganjuk perspektif Pemasaran Islam, sesuai dengan pemasaran Islam dengan anjuran Rasulullah bahwa etika berbisnis memperhatikan sisi ketuhanan (rabbaniyah) seperti berperilaku jujur dan apa adanya ketika memberikan informasi, etis (akhlaqiyyah) seperti memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, realistis (al-waqi'yyah) seperti berpakaian rapi dan sopan , serta humanitis (insaniyyah) seperti bersikap adil terhadap siapapun

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Cholivatul Annisa
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:43
Last Modified: 23 Jan 2025 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16618

Actions (login required)

View Item View Item