Kafi, Abdul (2018) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Di MTsN 6 Puncu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932126814_prabab.pdf Download (601kB) |
|
Text
932126814_bab 1.pdf Download (223kB) |
|
Text
932126814_bab 2.pdf Download (370kB) |
|
Text
932126814_bab 3.pdf Download (231kB) |
|
Text
932126814_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
932126814_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text
932126814_bab 6.pdf Download (93kB) |
|
Text
932126814_daftar pustaka.pdf Download (288kB) |
|
Text
932126814_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangii oleh mutu pendidikan di Indonesia ini yang masih tergolong cukup rendah terutama pada lembaga pendidikan yang berbasis madrasah. Karena lembaga madrasah yang dianggap masih kurang dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Sedangkan di lembaga MTsN 6 Puncu Kediri sudah cukup mampu berkembang dan banyak memperoleh prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional dengan menjuarai kompetisi baik dibidang akademik maupun non akademik, padahal madrasah ini jika dilihat kondisi strategisnya berada di daerah kabupaten yang terbilang pinggiran. Oleh karena itu, berkaitan dengan hal tersebut bahwa semua tidak mungkin lepas dari strategi kepala madrasah dalam mengelola lembaga sehingga dapat meningkatkan mutu yang lebih baik dari lembaga lainya. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi peningkatan mutu lembaga di MTsN 6 Puncu Kediri (2) Apa faktor pendukung dalam strategi meningkatkan mutu lembaga di MTsN 6 Puncu Kediri? (3) Apa faktor penghambat strategi dalam meningkatkan mutu lembaga di MTsN 6 Puncu Kediri? Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bersifat deskriptif: yaitu gambaran terhadap fakta lapangan dengan memaparkan data-data lapangan. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu tertulis dan tidak tertulis. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu Kepala Madrasah, Waka Madrasah, Guru dan Siswa. Adapun analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu lembaga adalah (a) Meningkatkan dukungan kepada seluruh pegawai berupa fasilitas serta selalu melakukan koordinasi dengan walimurid terkait progam madrasah (b) Menjamin kualitas seluruh pegawai di madrasah dengan menempatkan seluruh pegawai sesuai ijasah atau kompetensinya serta kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk membantu mendukung progam madrasah (c) Adanya koordinasi rutin jajaran pimpinan serta progam pembinaan kepada seluruh pegawai dengan kegiatan diklat dan sejenisnya (d) Meningkatkan keberadaan sarana prasarana secara bertahap (e) Membuat sistem pengontrol progam berupa peraturan-peraturan disetiap bidang kegiatan serta adanya evaluasi didalamnya. 2) Sedangkan faktor pendukung dalam strategi meningkatkan mutu lembaga di MTsN 6 Puncu Kediri adalah (a) Pendidik yang berkompeten sesuai dengan kompetensi keilmuanya (b) Seleksi siswa yang ketat dari awal pendaftaran siswa baru (c) Adanya sarana dan prasarana yang memadai. 3) Dan faktor penghambat dalam strategi meningkatkan mutu lembaga di MTsN 6 Puncu Kediri adalah (a) Orangtua atau walimurid yang sebagian kurang bersinergi bersama madrasah (b) Lingkungan yang tidak menentu di wilayah pinggiran atau pedesaan, yang mempengaruhi perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 05:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 05:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
View Item |