Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Agama MAN Kediri I

Yusuf, Much. (2015) Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Agama MAN Kediri I. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117708_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117708_bab01.pdf

Download (887kB)
[img] Text
932117708_bab02.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932117708_bab03.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932117708_bab04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932117708_bab05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
932117708_bab06.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932117708_daftarpustaka.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932117708_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya tingkat hasil belajar yang diperoleh sejumlah siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kurang begitu memuaskan. Hal ini disebabkan karena guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tanpa menggunakan media tambahan, dan materi pelajaran tidak disampaikan secara kronologis, sebagian siswa kurang tertarik (bosan) karena proses pembelajarannya tidak membangkitkan minat siswa karena siswa dituntut untuk menghafal saja. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode, diantaranya adalah metode inkuiri yang pengajarannya berusaha menempatkan dasar dan pengembangan cara berfikir ilmiah, memposisikan siswa sebagai pelaksana pembelajaran untuk terlibat aktif dalam kegiatan, melibatkan guru sebagai fasilitator agar pembelajaran berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kediri I dan dengan metode inquiry ini, dapatkah meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI- Agama MAN Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research) menggunakan metode angket, tes dan observasi, deangan analisis deskriptif kualitatif, metode yang digunakan adalah kolaboratif dengan sampel penelitian berjumlah 23 siswa. Peneliti memilih kelas ini karena tingkat prestasinya tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: repo upload
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:39
Last Modified: 22 Jan 2025 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16374

Actions (login required)

View Item View Item