Penetapan Metode Drill (Latihan) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII A Di SMP Islam Terpadu Al-Qomar Pakuncen Patianrowo Nganjuk Tahun 2015

Firmansyah, Aditya (2015) Penetapan Metode Drill (Latihan) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII A Di SMP Islam Terpadu Al-Qomar Pakuncen Patianrowo Nganjuk Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117011_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932117011_bab01.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117011_bab02.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932117011_bab03.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932117011_bab04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
932117011_bab05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932117011_bab06.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932117011_daftarpustaka.pdf

Download (604kB)
[img] Text
932117011_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan belajar yang menurun pada siswa kelas VII A SMP Islam Terpadu Al-Qomar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan masih rendah tingkat prestasinya yang disebabkan oleh perilaku belajar siswa sangat buruk, kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan penerapan strategi dan metode pembelajarannya juga masih sangat rendah Salah satu metode yang ditawarkan oleh peneliti adalah menggunakan metode drill, alasanya yaitu agar metode drill ini dapat membuat siswa terbiasa dengan perilaku belajar yang aktif. Dengan melaksanakan kegiatan belajar dan bimbingan secara efektif dan inovatif menjadikan siswa mampu berkembang secara baik dan secara maksimal sesuai potensi yang dimiliki. Menggunakan metode drill ini akan lebih tertanam pada pribadi anak. Berdasarkan hal tersebut diharapkan siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII A SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk? (2) Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk?, adapun tujuan dari penilitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII A SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk? (2) Untuk mengetahui Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk untuk mengembangkan pengetahuan penulis dengan landasan dan kerangka teoritis yang ilmiah serta pengalaman dalam mengajar. Bagi SMP Islam Terpadu Al-Qomar dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam mempersiapkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang akan datang. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: repo upload
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:38
Last Modified: 22 Jan 2025 02:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item