MUAWANAH, RISALATUL (2023) PENGEMBANGAN LKPD MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IX DI MTS AL-HIDAYAH BADAS KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
932135119_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932135119_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (199kB) |
|
Text
932135119_bab1.pdf Download (555kB) |
|
Text
932135119_bab2.pdf Download (560kB) |
|
Text
932135119_bab3.pdf Download (689kB) |
|
Text
932135119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932135119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
932135119_bab6.pdf Download (320kB) |
|
Text
932135119_daftarpustaka.pdf Download (326kB) |
|
Text
932135119_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
MUAWANAH, RISALATUL, 2023. Pengembanagan LKPD Mata Pelajaran Fikih Kelas IX DI MTs Al-Hidayah Badas Kediri, Skripsi, Program Stdi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbign (1) Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I, dan (2) Maimunatun Habibah, M.Pd.I . Kata Kunci: pengembangan, LKPD, hasil belajar Berdasarkan data yang diperoleh di MTs Al-Hidayah Badas Kediri di kelas IX terdapat permasalahan yaitu peserta didik mengalami kesulitan pada materi jual beli karena ragamnya sangat banyak dan hampir memiliki kemiripan serta pada saat pembelajaran berlangsung kegiatan evaluasi yang di lakukan belum maksimal. Materi yang dimaksud merupakan materi Jual Beli, Khiyar, Qirad dan Riba. Adanya permasalahan ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan di MTs Al-Hidayah Badas Kediri di kelas IX dengan jumlah siswa 24 dengan tujuan penelitian : 1) mengembangkan LKPD Fikih Kelas IX Materi Fikih Di MTs Al-Hidayah Badas Kediri, 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD Fikih Kelas IX Materi Fikih Di MTs Al-Hidayah Badas Kediri, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan LKPD Fikih Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Hidayah Badas Kediri. Bentuk penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah metode research and development atau yang artinya metode penelitian dan pengembangan (RnD), dimana model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap dalam penelitiannya yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan tes kepada 24 siswa kelas IX MTs Al-Hidayah. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) dalam proses pengembangan LKPD melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karateristik peserta didik, serta di desain menggunakan aplikasi Ms Word dan Canva; 2) hasil validitas pengembangan LKPD memperoleh nilai dari ahli media 80% dengan kualifikasi layak, ahli bahasa 90% dengan kualifikasi sangat layak dan ahli materi 92% dengan kualifikasi sangat layak. Untuk Tingkat kelayakan berdasarkan respon peserta didik mencapai presentase 95% dengan kriteria sangat layak; 3) hasil belajar peserta didik dengan nilai pre-test dan post test menunjukkan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran LKPD nilai siswa lebih baik yaitu 44.7 menjadi 86.6. Sedangkan N-Gain yang didapatkan 0.76% yang mana jika dilihat dari tabel N-Gain menunjukkan “Tinggi”. Untuk presentase yang didapatkan 76.08% dilhat dari tabel skor N-Gain menunjukkan bahwa media LKPD “Efektif”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risalatul Muawanah |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 02:40 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16308 |
Actions (login required)
View Item |