Qosdina, Nabila Rhozana (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct Two Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDI Plus An Nur Sumbercangkring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932611119_ Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932611119-Abstrak.pdf Download (227kB) |
|
Text
932611119-Bab I.pdf Download (391kB) |
|
Text
932611119-Bab II.pdf Download (480kB) |
|
Text
932611119-Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text
932611119-Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932611119-Bab V.pdf Download (271kB) |
|
Text
932611119-Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) |
|
Text
932611119-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
932611119_LEMBAR PENGESAHAN_NABILA RHOZANA QOSDINA.pdf Download (127kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah selama observasi di SDI Plus An Nur Sumbercangkring ditemukan permasalahan terkait kurangnya hasil belajar peserta didik yang dikarenakan guru yang tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik minat peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Plus An Nur Sumbercangkring, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran matematika pada materi bangun datar yang digunakan di kelas IV SD Plus An Nur Sumbercangkring, dan 3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SDI Plus An Nur Sumbercangkring. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Plus An Nur Sumbercangkring. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket validasi, angket respon yang dilakukan di SD Plus An Nur Sumbercangkring Hasil penelitian dan pengembangan ini: 1) Pengembangan media pembelajaan interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Plus An Nur Sumbercangkring. Pada penelitian ini menggukan model ADDIE dengan langkah-langkah analysis, design, development, implementation, dan evaluation. 2) Kelayakan dari media pembelajaran intektif ini divalidasi oleh 3 validator ahli, yaitu 2 validator ahli media yang memperoleh skor “4,35”, 2 validator ahli materi yang memperoleh skor “4,25”, satu validator dari pendidik mata pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar yang mendapatkan skor “4,8”. 3) Efektivitas media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dilakukan melalui uji n-gain dengan menggunakan hasil pre-test dan post-test yang memperoleh skor 74% dengan kategori “Cukup Efektif”. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunkan media pembelajaran interaktif
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Depositing User: | NABILA RHOZANA QOSDINA |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16303 |
Actions (login required)
View Item |