Pengaruh Ketrampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII (Di Mtsn 3 Kota Kediri)

Utomo, Dody (2018) Pengaruh Ketrampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII (Di Mtsn 3 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113114_PRA BAB.pdf

Download (564kB)
[img] Text
932113114_BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932113114_BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932113114_BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932113114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
932113114_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
932113114_BAB VI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932113114_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932113114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)

Abstract

Ketrampilan pengelolaan kelas merupakan usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis yang mengarah pada penyiapan materi, sarana, alat peraga, dan pengaturan ruang belajar, guna untuk mewujudkan situasi atau kondisi proses pembelajaran yang efektif. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana ketrampilan pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota Kediri ? 2. Bagaimana pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri ? 3. Apakah ada pengaruh ketrampilan pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana ketrampilan pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota Kediri. 2. Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri. 3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh ketrampilan mengelola kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan datanya menggunakan angket dan metode dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana. Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan yaitu: 1. Pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk dalam kategori tinggi, hal ini berdasarkan hasil perhitungan mean dari data variable x tentang ketrampilan pengelolaan kelas diperoleh nilai Mx= 62,82 maka berdasarkan table true score, ketrampilan pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota Kediri dapat digolongkan kedalam skor antara 55-66 yang dikategorikan tinggi. 2. Pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk dalam kategori tinggi, hal ini berdasarkan hasil perhitungan mean dari data variable y tentang pembelajaran efektif diperoleh nilai My= 73 maka berdasarkan table true score, pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri dapat digolongkan kedalam skor 73-88 yang dikategorikan tinggi. 3. Terdapat pengaruh positif antara ketrampilan pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif sebesar 93,1% dan sisanya 6,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar ketrampilan pengelolaan kelas seperti ketrampilan mengadakan vaiasi, ketrampilan membuka dan menutup pelajaran, ketrampilan membimbing diskusi dalam kelompok kecil, keatrampilan menjelaskan materi, dan ketrampilan-ketrampilan lainnya. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh ketrampilan pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif adalah Y= -5,905+1,252.X.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:23
Last Modified: 21 Oct 2020 04:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item