Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMAN 6 Kota Kediri

Jayanti, Ajeng Tarwiyani (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMAN 6 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116619_prabab.pdf

Download (772kB)
[img] Text
932116619_bab1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932116619_bab2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
932116619_bab3.pdf

Download (436kB)
[img] Text
932116619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
932116619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
932116619_bab6.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932116619_daftarpustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932116619_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (207kB)

Abstract

Pembelajaran diferensiasi merupakan pembelajaran yang diterapkan untuk memenuhi kebutuhan dan minat siswa secara individu. Dimana setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan karena itu, guru harus bisa memberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar seluruh siswa mendapatkan pemahaman yang merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan pembelajaran diferensiasi konten mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 6 Kota Kediri; 2) penerapan pembelajaran diferensiasi proses mata pelajjaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 6 Kota Kediri.; 3) penerapan pembelajaran diferensiasi produk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 6 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan lokasi penelitian merupakan penelitian lapangan. Sumber data yang di peroleh penelitian ini adalah waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam kelas X dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran diferensiasi konten pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 6 Kota Kediri mencakup: a) kesiapan belajar: Kesiapan fisik, kesiapan psikis, kesiapan materiil, dan kesiapan kognitif. b) gaya belajar: gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestik. c) kebutuhan siswa. 2) penerapan pembelajaran diferensiasi proses pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 6 Kota Kediri mencakup: a) kegiatan berjenjang b) pertanyaan pemandu c) agenda individu d) kegiatan bervariasi. 3) penerapan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 6 Kota Kediri mencakup: a) tantangan atau keragaman b) pilihan siswa dalam mengekspresikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AJENG TARWIYANI JAYANTI
Date Deposited: 30 Dec 2024 08:33
Last Modified: 31 Dec 2024 02:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16260

Actions (login required)

View Item View Item