Nida, Karima Naufalin (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Program LIPDCI (Layanan Individu Peserta Didik Cerdas Istimewa) dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Perspektif Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20204050_prabab.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
20204050_bab1.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
20204050_bab2.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
20204050_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text
20204050_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
20204050_bab5.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
20204050_daftarpustaka.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
20204050_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20204050_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi KARIMA-1 (1).pdf Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengembangan keterampilan abad ke-21, terutama dalam komunikasi matematis yang menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan matematika. Pada era pendidikan modern, kemampuan komunikasi matematis menjadi keterampilan penting yang perlu dikuasai siswa untuk menyampaikan ide dan solusi secara efektif, khususnya dalam konteks program percepatan seperti LIPDCI (Layanan Individu Peserta Didik Cerdas Istimewa). Namun, terdapat kemungkinan adanya perbedaan dalam kemampuan ini berdasarkan gender, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika pada program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan desain Explanatory Sequential. Pengumpulan data dimulai dengan tes kuantitatif terhadap siswa untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis mereka, dilanjutkan dengan wawancara kualitatif terhadap beberapa subjek yang dipilih secara purposif untuk mendalami hasil kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa MTs Program LIPDCI di MTsN 5 dan MTsN 3 Nganjuk, pemilihan sampel menggunakan tekhnik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara, tes tulis dan pedoman wawancara berisikan soal untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dengan uji Mann-Whitney U untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gender. Sedangkan, Pendekatan kualitatif berfokus pada penggalian lebih dalam mengenai strategi penyelesaian masalah yang diterapkan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki maupun perempuan memperoleh kategori baik sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan perempuan dalam Program LIPDCI, meskipun tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis secara statistik, terdapat kecenderungan perbedaan pendekatan dalam menyelesaikan soal berdasarkan gender. Akan tetapi perbedaan ini tidak mempengaruhi hasil akhir secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | KARIMA NAUFALIN NIDA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 06:30 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 06:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |