Masdluha, Masdluha (2017) Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTSN Grogol Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123213_prabab.pdf Download (928kB) |
|
Text
932123213_bab1.pdf Download (196kB) |
|
Text
932123213_bab2.pdf Download (234kB) |
|
Text
932123213_bab3.pdf Download (257kB) |
|
Text
932123213_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
932123213_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
932123213_bab6.pdf Download (87kB) |
|
Text
932123213_daftarpustaka.pdf Download (67kB) |
|
Text
932123213_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan komponen yang tidak bisa diabaikan dalam pengajaran, sebab bahan ajar merupakan inti dalam proses belajar mengajar. Penggunaan bahan ajar akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran. Dengan bahan ajar modul akan mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran sehingga materi yang disampaikan kepada siswa tepat sasaran. Penggunaan modul juga membantu siswa dalam belajar sehari-hari baik disekolah maupun dirumah, karena modul sudah didesain khusus agar siswa nyaman belajar dimanapun keberadaannya. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana pemanfaatan bahan ajar modul dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Grogol Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri; dan (2) Bagaimana efektivitas pemanfaatan bahan ajar modul dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Grogol Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian di lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehinggga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan modul dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Grogol Kediri kelas VIII (a) pemanfaatan pembelajaran bahan ajar modul ini adalah berdasarkan K 13 yang telah dikembangkan oleh MGMP Akidah Akhlak Kabupaten Kediri dan modul ini adalah sebagai penunjang atau pembantu dalam proses belajar mengajar, sedangkan bahan ajar inti yang digunakan adalah buku paket (b) dalam menyampaikan materi dari modul ini, guru pada umumnya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, (2) Efektivitas pemanfaatan bahan ajar modul dalam pembelajaran Akidah Akhlak ini dapat dikatakan efektif, sebab sudah memenuhi/mencakup kriteria, diantaranya (a) respon positif dari guru Akidah Akhlak dan siswa-siswinya b) penguasaan siswa terhadap bahan-bahan ajar yang dipelajari menjadi lebih cepat diterima terutama dari segi materi atau kognitifnya (c) Selain itu, hasil belajar siswa dan tujuan pembelajaran yang baik atau tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | repo upload |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:17 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16213 |
Actions (login required)
View Item |