Umam, Moh. Nasikhul (2017) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Washaya Al-Abaa' Li Al-Abnaa' Karya Muhammad Syakir UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 Tentang 18 Nilai Karakter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107913_prabab.pdf Download (144kB) |
|
Text
932107913_bab1.pdf Download (230kB) |
|
Text
932107913_bab2.pdf Download (251kB) |
|
Text
932107913_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
932107913_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text
932107913_bab5.pdf Download (53kB) |
|
Text
932107913_daftarpustaka.pdf Download (58kB) |
|
Text
932107913_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
Abstract
Pendidikan karakter mengemban misi untuk mengembangkan watakwatak dasar yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik. Dalam kehidupanmodern saat ini pendidikan karakter sangat diperlukan bagi manusia modern dalam menghadapi perubahan zaman. Apalagi fenomena dunia pendidikan sekarang sering diwarnai dengan tidak adanya keseimbangan antara aspek material dan spiritual, selain itu tokoh-tokoh di Negara kita sering tidak mencontohkan uswah yang hasanah. Dalam dunia Islam banyak sekali karyakarya ulama’ yang membahas tentang pendidikan karakter/akhlak. Salah satunya ialah suatu karangan yang sederhana tetapi tinggi akan nilai di dalamnya, yakni kitab Washaya Abaa’ Lil Abnaa’ karya cendekiawan muslim asal mesir Syaikh Muhammad Syakir al-Iskandary. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apa saja nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Washaya al-Abaa’ li al-Abna’? (2) Apa saja 18 nilai pendidikan karakter sebagaimana yang tertuang dalam UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003? (3)Bagaimana relevansi nilai-nilai karakter dalam kitab Washaya al-Abaa’ li al-Abna’ terhadap 18 nilai pendidikan karakter sebagaimana yang tertuang dalam UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003? Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi sebagai metode pengumpulan datanya. Adapun cara pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini ialah (1)kandungan pendidikan karakter dalam kitab Washaya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya mencakup tiga hal yaitu, tanggung jawab terhadap Allah SWT & Rasulullah, tanggung jawab sebagai manusia baik individu maupun sosial, dan tanggung jawab terhadap alam. (2) Nilai karakter UU Sisdiknas tercakup dalam 18 nilai yang merujuk pada pembentukan karakter luhur yang harus dimiliki peserta didik. (3) Dari 18 nilai karakter yang tertuang dalam UU Sisdiknas terdapat 15 nilai karakter yang relevan dengan nilai karakter yang terdapat dalam kitab washaya, sedangkan 3 nilai yang lain tidak dijelaskan secara detail didalam kitab washaya. Akan tetapi, kendati tidak semuanya nilai dalam kitab washaya relevan dengan apa yang terdapat dalam UU Sisdiknas, nilai dalam kitab washaya secara keseluruhan patut diperhitungkan dalam pengambilan kebijakan pendidikan karakter mengingat nilai-nilai yang ada merupakan nilai vital yang sudah selayaknya dimiliki oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040301 Aqaid and Kalam (Aqaid dan Ilmu Kalam) > 2204030103 Scriptures (Kitab-Kitab Allah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | repo upload |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16209 |
Actions (login required)
View Item |