Pengembangan Media Wayang Kayu untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Menentukan Unsur Intrinsik di MI Al Falah Pagu Wates

Sefiyudirta, Eva (2023) Pengembangan Media Wayang Kayu untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Menentukan Unsur Intrinsik di MI Al Falah Pagu Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602519_prabab.pdf

Download (568kB)
[img] Text
932602519_bab1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932602519_bab2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932602519_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
932602519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932602519_bab5.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932602519_daftarpustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
surat pernyataan publikasi.pdf

Download (338kB)

Abstract

EVA SEFIYUDIRTA, Dosen Pembimbing Dr. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd. dan SHEILA FAKHRIA, M.H., Pengembangan Media Wayang Kayu untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Menentukan Unsur Intrinsik di MI Al Falah Pagu Wates, Skipsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: media, literasi, wayang kayu Pembelajaran merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan pada setiap instansi pendidikan. Kegiatan ini mempunyai beragam metode dan cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan dari sebuah pembelajaran. Pembelajaran untuk mendukung literasi pada peserta didik, para pendidik perlu lebih kreatif untuk membuat para peserta didik tertarik sehingga mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Pendidik harus menguasai metode dan pemilihan media yang tepat di dalam kelas. Tujuan dari penelitian (1) Dapat mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran wayang kayu dalam menentukan unsur intrinsik pada cerita fiksi, (2) Mengetahui efektivitas media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, (3) Mengetahui kevalidan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RND). Tahap penelitian ini menggunakan model ADDIE (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluate. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al Falah Pagu Wates. Berdasarkan kelas IV MI Al Falah Pagu Wates diperoleh 40 peserta didik sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa kuisioner dan pretest postest yang harus diisi oleh peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini mendukung program literasi pembelajaran dengan menggunakan media wayang kayu yang dilengkapi dengan buku cerita fiksi adalah (1) Pengembangan media wayang kayu dapat mendukung literasi dengan membaca buku cerita fiksi dan mendengarkan cerita menggunakan media. (2) Media wayang kayu telah divalidasi oleh ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. Persentase ahli media 88% dengan kriteria “Sangat Baik”, dengan persentase ahli bahasa 87% dengan kriteria “Sangat Baik” dan persentase ahli materi 80% dengan kriteria “Baik”. (3) Hasil penelitian juga didapat dari pretest posttest yang diberikan kepada peserta didik dengan nilai persentase pretets 82,5% dan nilai persentase post test 87,5%. Pada nilai persentase yang didapat dari pretest dan posttest mendapat peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eva Sefiyudirta
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:56
Last Modified: 23 Dec 2024 07:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item