Dawam, Mahmud (2020) Program Baca Tulis al-Qur’an menggunakan Metode Tilawati untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Qur’an Peserta Didik Studi Kasus di MI al-Ittihad Tanjungkalang, Ngronggot, Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932118916_Pra Bab.pdf Download (401kB) |
|
Text
932118916_Bab 1.pdf Download (300kB) |
|
Text
932118916_Bab 2.pdf Download (381kB) |
|
Text
932118916_Bab 3.pdf Download (310kB) |
|
Text
932118916_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
Text
932118916_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
932118916_Bab 6.pdf Download (157kB) |
|
Text
932118916_Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) |
|
Text
932118916_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
Abstract
BTQ adalah pendidikan untuk baca dan menulis Alquran dikalangan anakanak. Secara umum, BTQ bertujuan dalam rangka untuk menyiapkan anak-anak didiknya menjadi generasi Qur’ani yaitu komitmen dan menjadikan al-Quran sebagai pandangan hidup sehari-hari. Kemampuan membaca al-Quran dengan baik dan benar merupakan target dan sekaligus merupakan tujuan yang harus dicapai yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan program BTQ di MI al-Ittihad ini menggunakan metode tilawati. Adapun fokus penelitian yang dibahas di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pelaksanaan program BTQ dengan menggunakan metode tilawati di MI al-Ittihad ? (2) Bagaimana dampak-dampak terhadap peserta didik setelah adanya pelaksanaan program BTQ dengan menggunakan metode tilawati di MI al-Ittihad tersebut ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di MI al-Ittihad Tanjungkalang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode tilawati di MI al-Ittihad ini menggunakan 2 pendekatan, yaitu yang pertama adalah pendekatan terhadap peserta didik dan melalui pendekatan terhadap Guru. Pendekatan terhadap peserta didik dilakukan dengan cara memberikan motivasi terhadap peserta didik dan berusaha mengembangkan bakat minat peserta didik untuk selalu tetap semangat, giat dan tidak merasa bosan dalam belajar al-Qur’an. Sedangkan melalui pendekatan terhadap Guru, upaya yang dilakukan adalah pemberian sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran BTQ di MI al-Ittihad dan memaksimalkan metode yang digunakan untuk proses pembelajaran BTQ di MI al-Ittihad yaitu metode tilawati. Semua upaya-upaya ini dilakukan supaya dapay mencapai tujuan dalam pelaksanaan program BTQ tersebut. Antara lain yaitu siswa mampu membaca al-Qur’an dengan tartil dan benar menggunakan lagu rost tilawati, siswa mampu menguasai ilmu tajwid dengan baik dan supaya siswa mampu menjadi tahfidz dengan menghafal juz 30 mulai dari surat an-Naba’ sampai surat an-Nas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 02:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 02:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1617 |
Actions (login required)
View Item |