Hubungan antara self monitoring dengan impulsive buying produk fashion secara daring pada mahasiswi program studi ekonomi syariah IAIN Kediri

Alfisana, Khurriya (2023) Hubungan antara self monitoring dengan impulsive buying produk fashion secara daring pada mahasiswi program studi ekonomi syariah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933414616_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933414616_bab1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
933414616_bab2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
933414616_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
933414616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
933414616_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
933414616_bab6.pdf

Download (5MB)
[img] Text
933414616_daftarpustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mahasiswi memiliki keinginan agar dirinya diterima oleh lingkungan sekitarnya. Hal itu membuat mahasiswi sadar akan penampilan dan mengubah perilaku yang ditampilkan sesuai dengan lingkungan sekitarnya atau disebut juga dengan self monitoring. Self monitoring pada mahasiswi didukung dengan pembelian produk atau barang yang dapat menunjang penampilan serta perilaku agar diterima oleh kelompok sosialnya. Hal tersebut terjadi karena adanya dorongan emosional pada mahasiswi untuk melakukan pembelian produk atau barang yang dilakukan secara cepat dan tidak direncanakan atau disebut impulsive buying. Tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini yakni (1) untuk mengetahui self monitoring pada mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri, (2) untuk mengetahui impulsive buying produk fashion secara daring pada mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri, (3) untuk mengetahui hubungan self monitoring dengan impulsive buying produk fashion secara daring pada mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 192 mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri yang melakukan pembelian produk fashion secara daring. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis berupa analisis deskriptif statistik dan analisis uji instrumen untuk mengkaji variabel penelitian. Keakuratan dan kemudahan pengolahan data dalam analisis penelitian ini dilakukan menggunakan program komputer SPSS for Windows Evaluation version 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Self Monitoring (X) produk fashion secara daring pada mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri dalam kategori sedang dengan frekuensi 63 responden atau 32% persentase dari seluruh jumlah responden. Variabel Impulsive Buying (Y) produk fashion secara daring pada mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri dalam kategori sedang dengan frekuensi 74 responden atau 38% persentase dari seluruh jumlah responden. Besarnya variabel self monitoring terhadap impulsive buying dapat dilihat dari besarnya R square yaitu sebesar 17,7% impulsive buying dipengaruhi oleh self monitoring. Hasil analisis menunjukkan hipotesis yang diajukan peneliti diterima yakni Ha diterima dan Ho ditolak, arah hubungannya berhubungan positif; artinya semakin tinggi self monitoring maka semakin tinggi impulsive buying produk fashion secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Khurriya Alfisana
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:26
Last Modified: 18 Dec 2024 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16142

Actions (login required)

View Item View Item