Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I MI An Najah Joho Wates

Putri, Rika Ananda (2024) Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I MI An Najah Joho Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206104_prabab.pdf

Download (651kB)
[img] Text
20206104_bab1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
20206104_bab2.pdf

Download (523kB)
[img] Text
20206104_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
20206104_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20206104_bab5.pdf

Download (342kB)
[img] Text
20206104_daftarpustaka.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (266kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya media pembelajaran dan pemanfaatan penggunaan fasilitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengembangan media Smart Box dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kelas I di MI An – Najah Joho Wates. 2) Untuk mengetahui kelayakan media Smart Box dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kelas I di MI An – Najah Joho Wates. 3) Untuk mengetahui keefektifan media Smart Box dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kelas I di MI An – Najah Joho Wates. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MI An – Najah Joho Wates dengan subjek penelitian kelas I dengan jumlah 21 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media smart box yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. 2) Hasil penilaian kelayakan berdasarkan dosen ahli media menyebutkan jumlah skor yang diperoleh adalah 76 dan persentase kelayakan 76% dengan kriteria “Layak”. Penilaian guru ahli media menyebutkan bahwa skor yang diperoleh adalah 95 dan persentase kelayakan 95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian kelayakan berdasarkan dosen ahli materi menyebutkan jumlah skor yang diperoleh adalah 61 dan persentase kelayakan 93,8% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian guru ahli materi menyebutkan bahwa skor yang diperoleh adalah 62 dan persentase kelayakan 95,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. (3) Hasil pretest dan posttest kelompok kecil memperoleh nilai 0,57 dengan kategori “Sedang”. atau 57,83% dengan kategori “Sedang”. Sedangkan, hasil pretest dan posttest kelompok besar memperoleh nilai sebesar 0,61 dengan kategori“Sedang” atau 61,15% dengan kategori “Sedang”. Dengan demikian, media yang dikembangkan dalam penelitian ini “Cukup Efektif” dalam meningkakaan minat belajar peserta didik kelas I di MI An-Najah Joho Wates.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RIKA ANANDA PUTRI
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:14
Last Modified: 18 Dec 2024 06:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item