PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS 5D DI SD PLUS RAHMAT KEDIRI

Fitria, Sandra Budi (2022) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS 5D DI SD PLUS RAHMAT KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932608218_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932608218_bab1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932608218_bab2.pdf

Download (665kB)
[img] Text
932608218_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
932608218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
932608218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
932608218_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932608218_daftarpustaka.pdf

Download (411kB)

Abstract

Sandra Budi Fitria, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia M.Pd, dan Sheila Fakhria, M. Pd. Penerapan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 5D Di SD Plus Rahmat Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran problem based learning yang diterapkan di jenjang kelas V-D SD Plus Rahmat dimana model tersebut belum pernah digunakan oleh jenjang kelas V yang lain, penerapan model tersebut disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Melihat fenomena tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Penerapan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 5D Di SD Plus Rahmat Kediri.” Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan guru kelas menggunakan problem based learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep (2) Mendeskripsikan pelaksanaan problem based learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep (3) Mendeskripsikan proses evaluasi dari penerapan problem based learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru kelas V-D. Data sekunder berasal dari dokumentasi berupa foto, dan dokumen pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan dibuat dengan menyusun perangkat pembelajaran mulai dari prota sampai RPP secara sistematis, perencanaan dibuat atas penugasan dari kepala sekolah, perencanaan dibuat berdasarkan kurikulum 2013 yang dipakai di SD Plus Rahmat; (2) Pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan tahap I sampai tahap V pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi pecahan melalui soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari; (3) Proses evaluasi menggunakan penilaian formatif dan sumatif, penilaian formatif menggunakan penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sedangkan penilaian sumatif dilakukan di akhir pembelajaran seperti PH, PTS, dan PAS.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010301 Numerical Analysis (Analisis numerik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ssandra Budi Fitria
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:48
Last Modified: 11 Dec 2024 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item