LABIB, MUHAMMAD (2023) Strategi Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 8 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933507216_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933507216_bab1.pdf Download (252kB) |
|
Text
933507216_bab2.pdf Download (289kB) |
|
Text
933507216_bab3.pdf Download (135kB) |
|
Text
933507216_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text
933507216_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
933507216_bab6.pdf Download (9kB) |
|
Text
933507216_daftarpustaka.pdf Download (6kB) |
|
Text
933507216_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
933507216_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (179kB) |
Abstract
Muhammad Labib, 9335.072.16. Strategi Komunikasi Pendidik dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 8 Kota Kediri , Skripsi Program Studi Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Pembimbing: Siti Amanah, M.Si. & Prof. Dr. H. Moh. Asror Yusuf, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Daring, Pandemi Covid-19. Semakin bertambahnya kasus pasien positif pandemi Covid-19 khususnya di Kota Kediri, seolah menambah warna dalam dunia pendidikan di Indonesia. Perpanjangan sistem daring yang diterapkan pihak sekolah merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Dengan pembelajaran daring siswa memiliki keleluasaan waktu belajar, dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Siswa dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengkaji informasi mengenai dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di SMA Negeri 8 Kediri. Apakah pembelajaran daring pada Sekolah Menengah Atas bisa dilakukan dengan baik dan efektif. Banyak orang tua yang merasa resah akibat sistem pembelajaran daring. Meskipun secara formal kegiatan pendidikan masih bisa dilakukan secara daring, Penelitian ini menggunakan pendekatan strategi komunikasi dan teori Difusi Inovasi Everett M Rogers. Penelitian ini berupa deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengolah, mengumpulkan dan menganalisis data dari penelitian yang dapat diartikan sebagai penelitian yang memotret fenomena individual, situasi atau kelompok yang terjadi di masyarakat. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti adalah strategi komunikasi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa Proses pembelajaran online di SMA Negeri 8 Kediri di masa pandemi covid-19 dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran yang telah ditetapkan sekolah. Dimulai dari pelaksanaan belajar online yang dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah disusun sekolah. Selanjutnya, pembelajaran online dilakukan dengan menggunakan media online utama, yaitu Google Classroom karena Google Classroom dipilih sekolah sebagai media online utama guna membantu jalannya proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD LABIB KHUSAMUDIN WICAKSONO AJI |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:43 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16053 |
Actions (login required)
View Item |