AFIFAH, BINTI NUR (2024) Pola Komunikasi Guru dan Murid dalam Meningkatkan Sikap Disiplin di Kelas X-4 MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
933502417_PRABAB.pdf Download (971kB) |
|
Text
933502417_BAB1.pdf Download (345kB) |
|
Text
933502417_BAB2.pdf Download (513kB) |
|
Text
933502417_BAB3.pdf Download (212kB) |
|
Text
933502417_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
|
Text
933502417_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
933502417_BAB6.pdf Download (194kB) |
|
Text
933502417_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (514kB) |
|
Text
933502417_Form_Pernyataan_Persetujuan_Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
Abstract
BINTI NUR AFIFAH, Dosen Pembimbing 1 SITI AMANAH, M.Si, dan Dosen Pembimbing 2 FAIRIZAL RAHMAN, M.I.Kom, Pola Komunikasi Guru dan Murid dalam Meningkatkan Sikap Disiplin di Kelas X-4 MAN 3 Nganjuk, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Guru, Murid, Disiplin Komunikasi dalam lingkup pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting. Dengan adanya komunikasi dapat mempermudah guru dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pengajar, dan murid sebagai penerima materi. Komunikasi yang baik terdapat umpan balik yang diterima oleh komunikator dari komunikan sebagai respon, dengan adanya umpan balik komunikasi menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru dan murid dalam meningkatkan sikap disiplin di kelas X-4 MAN 3 Nganjuk beserta apa saja faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pola komunikasi guru dan murid dalam meningkatkan sikap disiplin di kelas X-4 MAN 3 Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yakni data primer dan data sekunder. Sumber data primer merupakan hasil dari wawancara beberapa informan dari Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk, pengamatan observasi dan dokumentasi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari bahan referensi yang relevan dengan topik penelitian berupa dokumen cetak ataupun online. Hasil penelitian ini adalah pola komunikasi guru dan murid dalam meningkatkan sikap disiplin di kelas X-4 MAN 3 Nganjuk menggunakan pola komunikasi yang fariatif yakni pola komunikasi searah, dua arah dan juga banyak arah. Dengan pola pola komunikasi tersebut dapat dilihat bahwa guru sebagai komunikator menyampaikan pesan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap disiplin murid dalam menaati aturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapu anak yang melanggar akan diberikan sanksi atau hukuman sesuai dengan apa yang dilanggar oleh murid. Adapun sikap positif yang mendukuk efektifitas pola komunikasi guru dan murid ialah: openness, empathy, supportiveness, positiveness, dan juga equality. Adapun beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam pola komunikasi guru dan murid untuk meningkatkan sikap disiplin antara lain: berbedanya karakter satu sama lain, faktor keluarga, faktor lingkungan, pertemanan, dan faktor fisik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | BINTI NUR AFIFAH |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:41 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16017 |
Actions (login required)
View Item |