Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru PAI dengan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri

Santoso, Galih Puji (2019) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru PAI dengan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)

Abstract

Dalam mengajar seorang guru harus memiliki beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk kelancaran proses belajar mengajar, salah satunya adalah keterampilan komunikasi interpersonal. Apabila keterampilan komunikasi interpersonal guru itu baik maka akan mempengaruhi minat belajar siswa. Sehingga proses pembelajaran akan berjalan menarik dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan komunikasi interpersonal guru PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Ngadiluwih ?, 2. Bagaimana persepsi siswa kelas VII tentang minat belajar mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngadiluwih ?, 3. Bagaimana hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan komunikasi interpersonal guru PAI dengan minat belajar kelas VII mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngadiluwih ?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui persepsi siswa tentang keterampilan komunikasi interpersonal guru PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Ngadiluwih. 2. Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VII tentang minat belajar mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngadiluwih. 3. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan komunikasi interpersonal guru PAI dengan minat belajar kelas VII mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngadiluwih. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan dalam analisis datanya peneliti menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan, yaitu: 1. Persepsi siswa tentang keterampilan komunikasi interpersonal guru PAI terbilang tinggi, hal ini diketahui dari nilai rata-rata sebesar 3,46, yang berpedoman pada skala penafsiran skor rata-rata bahwa nilai tersebut tergolong tinggi. 2. Persepsi siswa tentang minat belajar tergolong sedang, hal ini diketahui dari nilai rata-rata sebesar 3,37 yang berpedoman pada skala penafsiran skor rata-rata bahwa nilai tersebut tergolong rendah. 3. Dalam penelitian ini antara keterampilan komunikasi interpersonal guru PAI (variabel bebas) dengan minat belajar siswa (variabel terikat) terdapat hubungan sebesar 0,353. Setelah dilihat pada pedoman interpretasi rxy nilainya tergolong ke dalam kategori lemah atau rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:47
Last Modified: 20 Oct 2020 03:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item